Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Tampilan Tugu Perbatasan Karangasem-Buleleng Kusam dan Memudar

04 Desember 2019, 18: 38: 23 WIB | editor : I Putu Suyatra

Tampilan Tugu Perbatasan Karangasem-Buleleng Kusam dan Memudar

PUDAR: Cat tulisan pada tugu perbatasan Karangasem di Tianyar Barat, Kecamatan Kubu pudar. Seperti terlihat kemarin (4/12). (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Tugu perbatasan Karangasem, Bali, dengan kabupaten lain kondisinya memprihatinkan. Butuh peremajaan agar tampilan tugu tanda memasuki kabupaten ujung timur Pulau Dewata ini terlihat.

Pantauan Bali Express (Jawa Pos Group), Rabu (4/12), salah satu tugu yang tampilannya memprihatinkan berada di Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali. Tugu yang berbatasan dengan Desa Tembok, Tejakula, Buleleng, itu benar-benar tidak terawat. 

Tulisan "Anda Tiba di Kabupaten Karangasem" yang dulu mudah dibaca, kini catnya juga terlihat memudar dan kusam. Cuma tersisa bekas catnya. Selain itu, tampilannya tersembunyi karena dihalangi spanduk. Tanaman liar sudah tumbuh subur menghiasi tugu tersebut.

Keberadaan tugu ini sebenarnya penting. Karena menjadi ciri bagi kabupaten itu sendiri. Apalagi jalur utara Karangasem kerap dilintasi pengendara lintas provinsi. Ini tentu akan menjadi perhatian bagi pengendara luar Bali, begitu juga penduduk lokal. 

Selain di Kubu, tugu perbatasan juga ada di Yeh Malet, Kecamatan Manggis berbatasan dengan Pesinggahan, Klungkung. Kemudian satu lagi di Desa Pesaban, Kecamatan Rendang yang berbatasan dengan Klungkung.

Pemerintah kabarnya belum dapat anggaran untuk peremajaan atau penataan kembali tugu perbatasan ini. Hal ini memantik komentar masyarakat Karangasem melalui media sosial. Pemerintah dinilai hanya fokus pada pembangunan patung Surya Candra di perbatasan Yeh Malet dengan Klungkung.

Masyarakat tampaknya tidak mengetahui antara tugu perbatasan dan penataan Yeh Malet ditangani dua instansi berbeda. Kendati begitu, warga ingin semua tanda perbatasan di pintu masuk Karangasem ditata agar tampilannya lebih baik. "Ya kasihan tugunya tidak terawat," kata salah seorang pengendara, Gede Putra Sanjaya, yang ketika itu berhenti dekat perbatasan wilayah Kubu.

Kepala Subbagian Pemerintahan Umum Bagian Tata Pemerintahan Setda Karangasem Ketut Yuda Suartana membenarkan penataan tugu perbatasan jadi domain instansinya. Meski begitu, kapan akan dilakukan peremajaan, Suartana belum berani berkomentar lebih jauh.

"Ini karena kami belum dapat anggaran itu. Kami berupaya dapat anggaran tahun depan. Kita juga tahu keuangan daerah sekarang minim. Kami juga masih tunggu," ucap Suartana.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia