Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Kombespol Sang Made Mahendra Jaya Jadi Staf Khusus Kemendagri

06 Desember 2019, 21: 38: 10 WIB | editor : Nyoman Suarna

Kombespol Sang Made Mahendra Jaya Jadi Staf Khusus Kemendagri

Kombespol Sang Made Mahendra Jaya (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Putra Bali banyak dirundung masalah di Jakarta. Terakhir, Dirut PT Garuda Indonesia Gusti Ngurah Ari Askhara dipecat. Namun tetap ada putra Bali yang menoreh prestasi, yaitu Kombespol Sang Made Mahendra Jaya.

Kombespol Sang Made Mahendra Jaya, putra Bali yang berasal dari Bangli ini kini mendapatkam promosi sebagai staf khusus di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta.

Berdasarkan Surat Telegram yang berkop Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri), dengan Nomor: ST/3230/XII/KEP/2019, yang dikeluarkan pada Jumat (6/12), disebutkan, Kombespol Drs. Sang Made Mahendra Jaya dimutasikan sebagai Pamen Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Mabes Polri dengan Penugasan di Kementerian Dalam Negeri.

Dari informasi yang dihimpun Bali Express (Jawa Pos Group),  Kombespol Sang Made ditugaskan untuk membantu tugas-tugas khusus Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, sang mantan Kapolri. Sebagai staf  khusus, otomatis putra Bali ini mendapatkan kenaikan pangkat sebagai Brigadir Jenderal Polisi (Brigjendpol) Drs. Sang Made Mahendra Jaya, M.H. Dengan satu bintang di pundak.

Mahendra meniti karirnya di kesatuan Tri Brata. Pernah menjabat sebagai direktur Krimininal Umum (Dirkrimum) Polda Bali hingga tahun 2018, Mahendra Jaya mendapatkan promosi jabatan sebagai kepala Kesekretarian Umum Mabes Polri (Kasetum Polri), menggantikan Kombespol Ratnawati Hadiwidjaya.

Ketika menjabat sebagai Dirkrimum Polda Bali, ia mengungkap beberapa kasus kakap seperti kasus Sindikat Internasional pembobol nasabah bank asal Turki. Selain itu, ia juga sukses mengamankan jalannya Pilkada serentak yang dilaksanakan pada 2018.

Tak hanya itu, Mahendra juga banyak membuat terobosan di Polda Bali, yaitu dengan membuat Satuan Tugas (Satgas) pencegahan money politic yang bertugas  mencegah transaksi politik uang ketika Pilkada.

Selain pernah bertugas di Polda Bali, Kombespol Mahedra Jaya juga pernah bertugas di Pulau Sumatera, tepatnya di Polda Benglulu sebagai direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Bengkulu. Setelah di Polda Bengkulu, Sang Made menjabat sebagai Kasubdit I Dit Tipideksus Bareskrim Polri. Dengan jabatan dan pengalaman yang matang, putra Bali ini diharapkan sukses membantu Mendagri Tito Karnavian

Saat dikonfirmasi pada Jumat (6/12), Kaur Mitra Subdid Penmas Humas Polda Bali Kompol I Made Swanjaya mengaku belum mengetahui informasi mutasi yang dilakukan kesatuan Tri Brata. "Saya belum dapat infornya bli," jawabnya saat dikonfirmasi. Namun dirinya membenarkan bahwa Brigjendpol Mahendera Jaya pernah menjabat sebagai Dirkrimum Polda Bali. Dan Koran ini belum bisa mengkonfirmasi Mahendra Jaya atas kabar gembira ini.

(bx/ris/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia