Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bisnis

Seberangkan Barang ke Nusa Penida Antre hingga Empat Hari

06 Desember 2019, 22: 19: 46 WIB | editor : I Putu Suyatra

Seberangkan Barang ke Nusa Penida Antre hingga Empat Hari

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS- Penyeberangan kapal roll on roll off (roro) KMP Nusa Jaya Abadi dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem-Nusa Penida, Klungkung kewalahan melayani penumpang barang, akhir tahun ini. Tak sedikit, barang yang akan nyeberang ke Nusa Penida harus antre hingga empat hari. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung I Nyoman Sucitra, Jumat (6/12).

Menurut Sucitra, antrean tak bisa dihindari karena keterbatasan KMP Nusa Jaya Abadi yang hanya mendapatkan izin satu trip dalam sehari, ditambah extra trip lima kali dalam seminggu. Tak sebanding dengan jumlah penumpang, terutama penumpang barang yang akan nyeberang ke sana. Terlebih akhir tahun. Barang yang akan diseberangkan mengalami peningkatan.  Terutama material proyek, baik untuk keperluan proyek pemerintah maupun proyek milik perorangan. “Banyak pembangunan villa maupun akomodasi pariwisata lainnya di sana. Proyek infrastruktur pemerintah juga banyak,” ungkap Sucitra.

Jelang tutup tahun ini, para kontraktor mengejar waktu agar pengerjaan tidak sampai lewat tahun. Sehingga sisa waktu 2019 ini benar-benar dimanfaatkan untuk menyelesaikan proyek. Selain itu, pengiriman kebutuhan pokok juga meningkat akhir tahun.  

Melihat hal tersebut, Dinas Perhubungan Klungkung yang berwenang mengeluarkan surat jalan untuk barang yang akan nyeberang ke Nusa Penida naik KMP Nusa Jaya Abadi benar-benar selektif dengan mempertimbangkan skala prioritas. Misalnya, kebutuhan pokok harus diutamakan. “Kalau untuk proyek, kami lihat dulu seperti apa urgensinya. Harus antre. Bisa empat hari baru dapat jadwal nyeberang,” terang pejabat asal Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan itu.

Bagaimana dengan keberadaan kapal LCT? Sucitra menyebutkan ada dua kapal LCT milik pihak swasta biasa melayani penyeberangan barang ke Nusa Penida. Namun dengan pesatnya pembangunan di Nusa Penida, dua kapal tersebut juga kewalahan. Belum lagi salah satu kapal jadwal docking.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia