Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Kerusakan Rampdoor Kian Parah, Dermaga 1 Padangbai Ditutup

08 Desember 2019, 16: 21: 04 WIB | editor : I Putu Suyatra

Kerusakan Rampdoor Kian Parah, Dermaga 1 Padangbai Ditutup

DEMI KELANCARAN: Tim teknis ASDP Padang Bai melakukan perbaikan rampdoor dermaga 1, Minggu (8/12) pagi. (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Padangbai Karangasem mulai memperbaiki landasan rampdoor yang rusak sejak beberapa bulan lalu. Perbaikan dilakukan sejak Minggu (8/12) pagi dan diperkirakan menghabiskan waktu tiga hari. 

Sementara itu, pihak ASDP hanya mengoperasikan satu dermaga, yakni dermaga 2. Dengan begitu, ada perubahan pola jadwal yang biasa diberlakukan. Yakni semua kapal yang bersandar di Padang Bai hanya melakukan aktivitas bongkar-muat, tanpa melakukan penambatan kapal atau bongkar anchor.

Menurut Manajer Usaha ASDP Padang Bai Karangasem Windra Soelistiawan, perbaikan landasan di dermaga 1 tidak akan mengganggu aktivitas penyeberangan yang lainnya meski hanya satu dermaga yang dioperasikan. Pola jadwal penyeberangan sudah diubah sementara. Sehingga angkutan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Lembar, Lombok tidak akan terhambat.

"Kami pusatkan home base-nya di Lembar. Jadi kapal-kapal yang sandar di Padangbai tidak ada yang bongkar lalu berlabuh. Tetapi kapal yang sandar di Padangbai melakukan kegiatan bongkar dan langsung muat. Tujuannya memaksimalkan pengoperasian dermaga dan menekan antrean kendaraan," jelas Windra dikonfirmasi Bali Express (Jawa Pos Group), siang kemarin.

Windra memperkirakan tidak akan ada antrean kendaraan yang signifikan setelah penerapan pola penyeberangan. Bahkan Windra memastikan proses bongkar-muat bisa dilakukan lebih cepat. "Sementara ini, begitu perbaikan dimulai, antrean kendaraan tidak terjadi," sebutnya.

Pantauan media ini di lokasi, jumlah kendaraan yang keluar Bali melalui Pelabuhan Padang Bai tidak begitu melonjak. Populasi kendaraan masih didominasi kendaraan barang golongan V-VII dan beberapa kendaraan penumpang.

Perbaikan landasan rampdoor ini sudah direncanakan sebelum Nopember 2019, tapi baru terlaksana Desember ini karena menunggu hasil survei tim teknis. Perbaikan dilakukan karena kerusakan pada landasan kian mengkhawatirkan. Terlebih lonjakan kendaraan akan dimulai jelang Natal dan Tahun Baru, sehingga perbaikan perlu dilakukan demi keamanan penumpang.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia