Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Wabup Suiasa Sembahyang Hari Saraswati di Pura Lingga Bhuwana

08 Desember 2019, 21: 24: 17 WIB | editor : Nyoman Suarna

Wabup Suiasa Sembahyang Hari Saraswati di Pura Lingga Bhuwana

PERSEMBAHYANGAN SARASWATI: Wabup Suiasa melaksanakan persembahyangan Hari Raya Saraswati di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, Sabtu (7/12). (HUMAS PEMKAB BADUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengajak para generasi muda serta para insan yang sedang menuntut ilmu dapat menjadikan ilmu pengetahuan sebagai pedoman hidup. "Semangat sinar suci Sang Hyang Aji Saraswati sebagi manifestasi ilmu pengetahuan harus selalu digelorakan. Karena dengan ilmu pengetahuan, kita dapat melaksanakan sesuatu lebih bijak, dan bijaksana untuk nusa dan bangsa," kata Suiasa usai melaksanakan persembahyangan Hari Raya Saraswati di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, Sabtu (7/12).

Persembahyangan juga diikuti Kristiani Suiasa, Sekkab Badung I Wayan Adi Arnawa beserta Rasniathi Adi Arnawa. Hadir pula jajaran OPD di lingkungan Pemkab Badung, serta lapisan masyarakat dan para pelajar.

Lebih lanjut dikatakan, hari Saraswati merupakan hari suci yang sangat mulia yang ditanamkan di lubuk hati sanubari seluruh lapisan masyarakat yang beragama Hindu, terlebih lagi bagi anak-anak yang tahap hidupnya menuntut ilmu. Karena Hari Saraswati merupakan hari turunnya ilmu pengetahuan, yang menjadikan generasi muda se-dharma lebih bersemangat untuk memacu dan membangkitkan gairah, dalam rangka menuntut ilmu serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan.

Diharapkan umat se-dharma dan generasi muda khususnya, agar selalu sadar, bahwa saat masih muda merupakan masa menuntut ilmu (brahmacari), untuk tidak pernah berhenti mencari dan mengasah dirinya dengan ilmu pengetahuan. "Hidup tanpa pengetahuan seperti meniti jalan dalam kegelapan. Maka, dengan ilmu pengetahuan kita dapat menghilangkan kegelisahan, keraguan, ketidakpastian dari kegelapan. Bahkan menghilangkan kebodohan dan kemiskinan. Hal ini sesuai dengan tujuan nasional yang tercantum dalam UUD 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa," tegasnya.

Persembahyangan Hari Saraswati yang dipuput Ida Pedanda Gede Dangin Manuaba dari Griya Carangsari Petang. Persembahyangan diawali dengan dharma wecana oleh I Gusti Ayu Arya Utamiyani Subamia, yang merupakan juara 1 Darmawacana remaja tingkat Provinsi Bali 2019, dan akan mewakili Bali di tingkat nasional tahun 2020.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia