Jumat, 24 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Telan Biaya Rp 1,44 M, Perpustakaan Buleleng Baru Tampung 1.944 Buku

08 Desember 2019, 22: 50: 39 WIB | editor : Nyoman Suarna

Telan Biaya Rp 1,44 M, Perpustakaan Buleleng Baru Tampung 1.944 Buku

RIBUAN BUKU: Peresmian Gedung Perpusakaan di Jalan Werkudara Singaraja, pada Sabtu (7/12) siang. (I PUTU MARDIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS - Gedung Perpustakaan milik Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah diresmikan bertepatan dengan perayaan hari Saraswati pada Sabtu (7/12). Gedung yang berlokasi di Jalan Werkudara menelan anggaran pembangunan sebesar Rp 1,144 miliar dan menampung sedikitnya 1.944 eksemplar buku.

Gedung yang diresmikan Wakil Bupati dr. Nyoman Sutjidra, Sp.Og tersebut diklaim memiliki tingkat kenyamanan yang bagus bagi pembaca. Sejumlah fasilitas ditawarkan. Mulai dari Ruangan Layanan Anak, Ruangan Sirkulasi, Ruang Audio Visual, Ruang Internet, Ruang Pelestarian, dan Ruang Restorasi. Menariknya, setiap ruangan tersebut disediakan berbagai buku yang sesuai peruntukkannya. Ke depannya perpusataan ini akan memanfaatkan ruang Publik Taman Kota Singaraja untuk memberikan ruang kepada masyarakat yang ingin membaca pada saat menikmati akhir pekan.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, dr. Ni Made Sukarmini, MAP menjelaskan, pihaknya memberikan kebebasan bagi masyarakat Buleleng untuk membaca. “Nanti kami siapkan ruang seperti meja, kemudian kami kasi buku sehingga masyarakat tidak tergantung dengan hari buka perpustakaan,” jelasnya.

Sementara itu, Wabup Sutjidra mengatakan, dengan gedung baru dan buku-buku yang sudah disediakan, masyarakat Buleleng bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Pihaknya berharap, perpustakaan digital segera diwujudkan sehingga mempermudah masyarakat untuk membaca.

“Semoga ke depannya perpustakaan sudah berbasis digital , karena perpustakan digital mempermudah masyarakat untuk menambah ilmu dan wawasan,” harapnya.

Seperti diketahui, Gedung layanan perpustakaan ini dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional Republik Indonesaia (Perpusnas) Sub. Bidang Pendidikan. Total anggaran yang dihabiskan mencapai Rp 1.144.400.000.

Anggaran tersebut dialokasikan menjadi dua kegiatan, yaitu rehab gedung layanan perpustakaan dengan pagu Rp 950.000.000 dengan realisasi keuangan sebesar Rp 837.276.410. Sedangkan kegiatan pengadaan bahan pustaka dengan pagu sebesar Rp 194.400.000 dengan realisasi keuangan sebesar Rp 135.502.600 terdiri dari 1.944 eksemplar koleksi bahan pustaka dengan realisasi fisik 100 persen.

(bx/dik/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia