Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Bersihkan Saluran Drainase, PUPR Buleleng Kerahkan Puluhan Petugas

13 Desember 2019, 21: 59: 48 WIB | editor : Nyoman Suarna

Bersihan Saluran Drainase,  PUPR Buleleng Kerahkan Puluhan Petugas

BERSIHKAN DRAINASE: Dinas PUPR Buleleng melakukan pembersihan drainase sebagai antisipasi banjir saat musim hujan. (I PUTU MARDIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS - Pembersihan drainase terus dikebut untuk mencegah terjadinya banjir saat musim hujan. Tercatat 84 orang dikerahkan Dinas PUPR Buleleng untuk melakukan pembersihan, sehingga tidak menimbulkan genangan.

Plt Kadis PUPR Buleleng I Nengah Budiarta menjelaskan, puluhan petugas tersebut terdiri dari pekerja drainase dan mandor drainase. Mereka dibagi menjadi 14 wilayah. Masing-masing wilayah ada kelompok tenaga drainase, dan diawasi oleh mandor drainase. “Kami sudah kaper dari barat mulai Seririt, Lovina, Pancasari, wilayah kota sampai ke Kubutambahan,” jelasnya.

Dari 14 wilayah, empat berada di Seririt, Lovina, Pancasari dan Kubutambahan. Sisanya ada di wilayah Kota Singaraja. Pembagian wilayah bukan didasarkan pada batas administratif suatu wilayah. Melainkan pembagian 14 wilayah tersebut berdasarkan jalur drainase yang ada. “Dibagi per wilayah sesuai jalur drainase,” ujar Budiarta.

Kendati jumlahnya masih puluhan, dia mengklaim jumlah tersebut dirasa cukup. Mengingat wilayah yang ditangani hanya sampai di Seririt. Sedangkan drasinase yang berada di barat Seririt, kewenangannya berada di Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida.

Lanjutnya, petugas drainase intensif membersihkan jalur drainase yang dibagi menjadi sepuluh zona. Pembersihan ini sebagai bentuk kerja bersama antar instansi mengantisipasi terjadinya genangan pada saat musim hujan datang.

“Ini memang tupoksi kami di PUPR. Namun, kami tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada kolaborasi juga antar instansi. Termasuk dari masyarakat sendiri. Jangan membuang sampah sembarangan, khususnya di jalur-jalur drainase,” ungkapnya.

Selain dilakukan pembersihan, pengerjaan infrastruktur drainase juga terus dilakukan. Untuk proyek yang dananya dari Pemkab Buleleng, ada di Desa Pancasari. Sesuai kontrak, pengerjaan harus rampung pada 28 Desember 2019 mendatang.

Sedangkan yang dikerjakan BWS Bali Penida yaitu sodetan di daerah Baktiseraga, Jalan Serma Karma menuju Jalan Ahmad Yani. “Sodetan yang dikerjakan BWS akan mengurangi genangan yang terjadi di musim hujan, khususnya di wilayah Jalak Putih. Diharapkan rampung akhir tahun ini,” pungkasnya.

(bx/dik/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia