Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bisnis
OTOTIPS

Cara Kenali Kelebihan Sensasi Motor Matik plus ‘Pengobatannya’

14 Desember 2019, 21: 03: 52 WIB | editor : I Putu Suyatra

Cara Kenali Kelebihan Sensasi Motor Matik plus ‘Pengobatannya’

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS-  Kondisi jalan raya di Kota Denpasar saat semakin padat, sehingga kebutuhan kendaraan pun semakin bergeser. Jika satu dekade lalu, sepeda motor manual masih menguasai jalanan kota Denpasar, saat ini sepeda motor matik menjadi pilihan utama. Alasannya, lebih santai dan tidak mudah lelah.

Karena itulah, saat ini pabrikan sepeda motor berlomba untuk memberikan kelebihan terhadap performa dan fitur pada motor matik. Tapi sudah tahukah anda ada beberapa sensasi dan kondisi tidak nyaman yang umum terjadi pada motor matik keluaran beberapa pabrikan. Mau Tahu lebih banyak ? Yuk Simak.

1.Engine Break Kecil

Beda kondisi motor manual dan motor matik pada saat melewati jalan menurun. Ketika motor manual melewati turunan, akan terdengar suara menderung menahan motor , karena adanya engine break. Berbeda dengan motor matik, ketika kamu lepas gas saat jalan menurun, kondisi roda depan dan belakang akan bebas meluncur.

Hati - hati kalau sudah kondisi seperti itu, cara mengatasi dan sekaligus untuk menjaga agar kamu tetap safety , buka gas sedikit sekitar 1/8 putaran, untuk menjaga mesin tetap berputar sembari menekan handle rem.

2. Rem Hidrolis Ngeblong

Masih ada hubungannya dengan kondisi di atas , kecendrungan pengendara saat melewati jalan menurun dengan terus menekan handle rem. Pada tipe rem hidrolis atau rem dengan piringan, dapat menyebabkan terjadinya vapor lock atau udara palsu yang masuk ke dalam saluran minyak rem. Kondisi ini dapat menyebabkan rem menjadi tidak berfungsi. Bahaya banget kan? Nah, cara mengatasinya, pastikan selalu menjaga kualitas minyak rem kamu. Perhatikan beban yang dibawa kendaraan, dan gunakan selalu rem depan serta belakang secara bergiliran.

3. Motor Berasa ‘Geredeg

Gejala ini umum terjadi pada hampir semua tipe motor matik. Masalah ini disebabkan oleh pulley driven atau pully bagian belakang yang mengalami slip atau tidak mencengkram dengan baik pada saat motor berakselarasi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel pada sisi kampas kopling ataupun pada bagian rumah kopling. Gejala ini dapat sering terjadi pada saat nanti akan memasuki musim penghujan ataupun saat kendaraan setelah selesai dicuci. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan cara membersihkan kotoran pada sisi kampas kopling dan rumah kopling.Gejala ini normal terjadi bila kendaraan sudah dekat dekat dengan waktu servisnya.

4. Motor Mati Tiba-tiba

Ini nih yang dari zaman dahulu sering kejadian juga. Tapi tahukah anda, motor yang sering mati mendadak salah satunya disebabkan karena adanya bocor kompresi? Bocor kompresi selain disebabkan oleh kotoran yang menempel di ruang bakar, juga dapat disebabkan oleh setelan klep yang terlalu rapat, celah klep yang terlalu rapat dapat menyebabkan mesin menjadi over heat dan mengakibatkan kebocoran kompresi. Cara mengatasinya, segera bawa motor ke bengkel resmi terdekat untuk diperiksa celah klep dan bersihkan ruang bakarnya.

5. Kampas Rem Cepat Habis

Pernah lihat ga sih, motor matik di depan lampu remnya menyala terus baik saat berhenti ataupun sedang berjalan? Tanpa disadari, terkadang pengendara menggantungkan tangan  pada handle rem. Walaupun tidak terasa menahan, tapi kondisi ini menyebakan rem sedikit menyentuh dan bergesekan, sehingga menyebabkan umur pakainya lebih pendek. Cara mengatasinya, mulailah hindari kebiasaan ini. Pada pemakaian wajar, kampas rem dapat digunakan selama 2 sampai 3 tahun.

Nah kira-kira, sudah paham kan? apa yang dirasakan oleh motor sebagian besar motor matik. 

Kondisi seperti di atas dapat datang lebih cepat bila anda mulai jarang untuk merawat kendaraan. Jangan dibiarkan kalau kondisi tersebut menggangu kenyamananmu dalam berkendara. Apabila mengalaminya segeralah datang dan lakukan perawatan berkala ke bengkel resmi favorit anda.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia