Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bisnis

Ribuan UMKM Karangasem Didorong Berizin Lengkap

26 Desember 2019, 12: 51: 45 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ribuan UMKM Karangasem Didorong Berizin Lengkap

GOTONG-ROYONG: Para pengusaha Karangasem menggelar pertemuan dengan agenda membentuk Himpunan Wirausaha Karangasem, belum lama ini. (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Para pengusaha di Karangasem menekankan prinsip gotong-royong dalam mengembangkan bisnis. Tantangan yang saban hari kerap dialami para pengusaha menjadi ide terbentuknya komunitas khusus wirausaha.

Para pengusaha dari berbagai segmen belum lama ini membentuk komunitas. Mereka menamakan diri Himpunan Wirausaha Karangasem. Implikasi komunitas ini kian memberi gairah bagi masyarakat yang ingin memulai usaha. Yang terpenting bagaimana hasil produksi petani lokal maupun wirausaha lokal mampu diterima di berbagai segmen pasar.

"Kehadiran kami diharapkan dapat membantu iklim bisnis di Karangasem makin membaik. Lewat himpunan ini, kami akan rangkul wirausahawan baru untuk memulai bisnis mereka. Kita bantu apa yang jadi kendala sesuai pengalaman kami," kata Ketua Himpunan Wirausaha Karangasem Komang Arnawa, Rabu kemarin (25/12). 

Arnawa dan rekan-rekan di satu komunitas berencana menggaet semua pengusaha di Karangasem pada 2020. Sebagai permulaan, mereka terlebih dulu melakukan sosialisasi mengenai fungsi lahirnya komunitas tersebut bersama dinas terkait. 

Agenda dimulai dari menemui para pelaku industri rumahan, industri menengah, sampai petani. Langkah selanjutnya mengklasifikasi jenis usaha atau produk, lalu mendata pengusaha yang izinnya belum lengkap untuk kemudian dibantu mengurus izin usaha hingga sertifikasi produk.

"Tujuan kami untuk membangkitkan UMKM yang ada di Karangasem sehingga produk-produk lokal bisa diterima di supermarket atau minimarket Bali. Ini sejalan Pergub 99 Tahun 2018," jelas Arnawa yang sukses dengan usaha "gula semut"-nya. 

Pengusaha asal Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, Karangasem itu menekankan 4.800 UMKM di Karangasem wajib memiliki izin lengkap. Sehingga ketika nanti dipasarkan ke ritel modern tidak terbentur regulasi. 

Untuk diketahui, Himpunan Wirausaha Karangasem dibentuk di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Pariwisata Karangasem. Selain akan membantu para pengusaha, sejumlah kegiatan juga bakal digelar untuk merangsang masyarakat. 

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia