Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bisnis

Gelar Kontes di Buleleng, Durian Lokal Terbaik Dapat Hadiah Motor

01 Januari 2020, 16: 23: 52 WIB | editor : I Putu Suyatra

Gelar Kontes di Buleleng, Durian Lokal Terbaik Dapat Hadiah Motor

DURIAN: Bupati Suradnyana saat meihat sejumlah durian lokal yang ikut kontes durian di rumah jabatan Bupati Buleleng, Selasa (31/12) lalu. (I PUTU MARDIKA BALI EXPRESS)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS-Ada banyak cara dalam merayakan pergantian tahun baru tahun 2020. Salah satunya dengan menyelenggarakan kontes durian lokal asli Buleleng. Kontes yang diselenggarakan Pemkab Buleleng inipun sukses menyedot perhatian masyarakat yang doyan menikmati durian secara gratis.

Seperti terlihat di areal Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa (31/12). Teratat sebanyak 180 petani durian ikut meramaikan kontes durian yang pertama kalinya digelar ini. Tak main-main, petani yang buah duriannya  memenangi kontes mendapatkan hadian berupa satu unit sepeda motor.

Teknisnya, buah durian yang dibawa petani diisi identitas buah lengkap dengan pemiliknya. Buah tersebut kemudian dinilai oleh juri yang expert di bidangnya. Nantinya durian yang memiliki kualitas terbaik akan dikembangkan pohonnya oleh Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. Lalu bibitnya nanti akan dibagikan kepada petani durian secara gratis.

Menariknya, sejumlah petani juga tak lupa membawa ratusan butir buah durian yang sengaja untuk dimakan. Buah itu ditata menyerupai gunungan. Lalu sembari penilaian berjalan, masyarakat yang datang juga dapat menikmati durian lokal sepuasnya. Tak pelak, gunungan durian inipun diserbu pengunjung.“Pokoknya seru sekali, dapat duriannya gratis, makan sepuasnya, enak-enak lagi,” singkat salah seorang warga, bernama Komang Yudha.

Bupati Putu Agus Suradnyana menjelaskan selama ini di Buleleng belum memiliki durian yang khas. Durian di Buleleng sebutnya juga perlu ada kontrol untuk mendapatkan kualitas yang baik. Dengan kontes ini dirinya akan mencari kualitas durian yang baik untuk nantinya dijadikan sebagai ikon Kabupaten Buleleng.

“Mari kita cari yang paling enak, kalau ketemu juara satunya, bukan hanya nilai motornya yang jadi hadiahnya, tapi bagaimana durian itu bisa menjadi maskot dari durian Kabupaten Buleleng. Nanti bibitnya kita kembangkan dan berikan kepada petani secara gratis,” ungkap Agus Suradanyana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Buleleng, I Made Sumiartha menjelaskan tujuan dari kontes durian ini adalah sebagai implementasi Perda Provinsi Bali nomor 3 tahun 2013 tentang perlindungan buah lokal, Pergub Bali nomor 99 Tahun 2018. Khususnya tentang pemasaran-pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali.

“Selain itu juga untuk menggali  dan menemukan durian lokal unggul yang ada di Buleleng serta melindungi dan  melestarikan varietas genetik buah lokal,” kata Made  Sumiartha

Dari hasil penilaian kontes, durian terbaik dimenangkan oleh Made Mangku Yasa dari Desa Munduk Bestala, Kecamatan Banjar. Yasa pun dibuat kaget karena duriannya menjadi yang terbaik. Ia tidak menyangka bisa menjadi terbaik mengingat banyak pesaing yang memiliki kualitas durian yang baik.

“Saya sangat terharu, soalnya ga nyangka durian saya dipilih menjadi juara. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi para petani durian yang lain dan bisa meningkatkan hasil pertaniannya,” singkatnya.

(bx/dik/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia