Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bisnis
OTOTIPS

Ini Alasannya Bilas Motor setelah Terkena Air Hujan

11 Januari 2020, 17: 47: 55 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ini Alasannya Bilas Motor setelah Terkena Air Hujan

MUSIM hujan tidak saja membuat masyarakat yang memiliki kendaraan khususnya sepeda motor malas untuk mencuci tunggangannya. Padahal setelah sepeda motor itu kehujanan, pemilih hendaknya harus segera membilas sepeda motor tersebut. Alasannya supaya perform kendaraan tetap stabil.

Berikut akibat yang ditimbulkan jika tidak segera membilas motor setelah hujan.

1. Kampas rem akan bermasalah, motor yang terkena hujan, tidak hanya berdampak pada fisiknya aja tapi juga beberapa komponennya. Salah satunya adalah kampas rem. Komponen tersebut akan menimbun kotoran setelah terkena air hujan. Kalau kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan suara decitan ketika roda motor berputar.

2. Mesin tidak akan bisa melepaskan panas secara normal, dampak kedua yang akan diterima kalau enggak segera mencuci motor setelah hujan adalah mesin tidak akan bisa melepaskan panas secara normal. Kenapa begitu? Sebab, kotoran yang dibuat oleh air hujan menempel di beberapa bagian motor, sehingga performa mesin juga akan mengalami penurunan.

3. Suspensi motor akan mengalami kerusakan, komponen lainnya yang akan terkena dampak buruk adalah suspensi motor. Jika suspensi tidak segera dibersihkan dari percikan air hujan, bisa-bisa akan terjadi yang namanya suara decitan yang sangat tidak enak untuk didengarkan. 

4. Tutup busi tidak akan berfungsi seperti biasanya, tutup busi mempunyai kegunaan yang sangat penting untuk motor, tidak hanya sekedar sebagai penyambung kabel dari koil ke busi atau berfungsi untuk penutup aja.

5. Komponen logam mengalami karatan, motor mempunyai komponen yang terbuat dari logam di dalamnya. Sehingga, jika komponen telah dibasahi air hujan maka akan mengalami yang namanya karatan. Karat tersebut akan semakin susah hilang kalau tidak dibersihkan dengan segera.

Karena itu, para pengendara sepeda motor tidak malas lagi untuk mencuci motornya setelah hujan. Kalau tidak memungkinkan mencuci saat itu juga, cukup dilap dengan kain bersih aja terlebih dahulu. Supaya tidak ada air hujan yang menempel pada seped motor.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia