Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Balinese

Ramai Dikunjungi, Objek Malukat Sapta Gangga di Timbrah Ditata

12 Januari 2020, 18: 53: 04 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ramai Dikunjungi, Objek Malukat Sapta Gangga di Timbrah Ditata

RAMAI: Suasana objek wisata panglukatan Sapta Gangga di Desa Adat Timbrah, Karangasem, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Panglukatan Sapta Gangga Pura Tirta Empul di Desa Adat Timbrah, Kecamatan Karangasem menjadi destinasi wisata religi yang makin ramai dikunjungi. Meski sudah ada sejak lama, pihak pengelola baru melakukan penataan Juli 2019 lalu dan penataan masih bertahap hingga kini.

Minimnya lahan parkir dan fasilitas lain menjadi kekurangan. Pengelola akhirnya menyiapkan satu petak lahan sawah milik warga untuk dipakai tempat parkir. Lokasinya berada persis di sebelah pura. 

"Selama ini pengunjung parkir di pinggir jalan. Kami sudah siapkan parkir tapi baru untuk motor. Untuk mobil belum bisa masuk karena kami ingin kawasan ini tetap asri," jelas koordinator pembangunan, I Nengah Sudarsa.

Selain menambah lahan parkir, pengelola juga menata kawasan pura agar makin asri. Seperti menambah beberapa pot bunga dan menambah balai istirahat. Ini dirasa cocok untuk menambah kesan berkunjung yang positif. Apalagi lokasi pura berada di kawasan alam yang masih terjaga.

"Kami juga menambah kolam untuk anak-anak panjangnya sekitar 21 meter. Tempat ganti pakaian yang sebelumnya belum ada kami sedang bangun," ujar Sudarsa sembari mengatakan untuk biaya masuk masih menerapkan donasi sukarela.

Masyarakat sekitar juga akan diberdayakan. Misalnya untuk melayani angkutan dari tempat parkir menuju lokasi malukat. Penyedia jasa angkutan ini akan melayani pengunjung yang membawa mobil lantaran tak bisa masuk ke lokasi. "Kami akan buat pangkalan ojek," imbuhnya.

Warga sekitar juga dipersilakan berjualan di sekitar objek wisata. Pedagang bisa berjualan sate laut khas Desa Timbrah. "Jadi penataan ini kami lakukan bertahap. Mengingat masyarakat yang datang juga semakin banyak," pungkas Sudarsa.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia