Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Kepitu Restaurant Kemas Menu Khas Bali Jadi Indah dan Menarik

16 Januari 2020, 09: 21: 27 WIB | editor : I Putu Suyatra

Kepitu Restaurant Kemas Menu Khas Bali Jadi Indah dan Menarik

MENARIK: Kepitu Restaurant jadikan menu masakan khas Bali daya tarik. Selain disajikan beda, juga cara menikmatinya dikemas menarik. (ISTIMEWA)

Share this      

UBUD, BALI EXPRESS - Menu masakan Bali sudah menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing. Bahkan, seringkali disajikan di akomodasi wisata kelas atas, mulai dari resort, restoran bintang lima hingga hotel-hotel mewah yang ada di Bali.

Supaya menjadi menu yang menarik, selain kualitas rasa dan bahan baku yang digunakan, penyajian menu masakan Bali ini, juga menjadi salah satu hal yang penting.

Seperti yang dilakukan Kepitu Restaurant Ubud, Gianyar. Selain menjadi menu utama di restoran ini, menu masakan Bali yang disajikan juga penampilannya cantik dan unik. "Tampilan makanan yang cantik tidak saja membuat makanan menarik, namun mampu membangkitkan imajinasi penikmat. Apalagi pasar kami wisatawan asing, sehingga tampilan yang cantik sudah menjadi bagian penting dari penyajian," ungkap Chef Kepitu Restaurant, I Nyoman Artawa kepada Bali Express ( Jawa Pos Group) kemarin.

Menu makanan yang disajikan cukup beragam, mulai dari ayam betutu, nasi campur Bali, lawar khas Bali hingga babi guling. Meskipun menu  makanan yang disajikan di Kepitu Restaurant ini merupakan menu masakan yang lazim disajikan di pasar kuliner Bali, namun ada  beberapa hal yang membedakan.


Salah satunya adalah rasa makanan yang tidak terlalu pedas, dan modifikasi yang diterapkan. Beberapa bahan baku yang diganti dengan bahan baku lain, seperti beras putih diganti dengan beras merah. "Tujuannya supaya menu makanan yang kami sajikan lebih sehat dan mampu memberikan dampak yang baik bagi kesehatan," terangnya.


Mengenai rasa pedas yang dikurangi, diakui Artawa karena menyesuaikan dengan selera dari pasar internasional, karena  citarasa masakan pedas  kurang disukai wisatawan asing.
Selain menyajikan menu makanan yang lazim disantap pada saat makan siang atau makan malam, menu masakan Bali di Kepitu Restaurant juga mencakup menu untuk sarapan. Salah satu menu sarapan favorit  adalah Bubuh Mabasa, atau bubur khas Bali yang memiliki tekstur lembut dan gurih.


Cita rasanya yang khas masakan Bali dengan tekstur rasa yang pas di lidah menjadi daya tarik dari makanan ini.  "Bumbu Bali yang kami gunakan disesuaikan dengan lidah wisatawan yang tidak suka terlalu pedas, namun cita rasa khas Balinya tidak kami hilangkan. Kami atur penggunaan bumbunya,  yang didominasi oleh bawang merah dan bawang putih," ungkapnya.
Menu lainnya yang juga menggunakan menu khas Bali adalah variasi jajanan yang disajikan untuk snack. Snack time yang disajikan dua kali dalam sehari, yakni pada pukul 11.00 Wita dan pukul 16.00 Wita ini, juga menggunakan beberapa jenis jajan khas Bali sebagai teman minum kopi atau teh.


Variasi snack yang disajikan juga cukup banyak, mulai dari kue lukis, laklak, cerorot, sumping, bantal hingga bubur sumsum. "Snack ini kami sajikan per paket. Biasanya dalam satu paket sajian kami tiga jenis jajan, tergantung pada jenis jajan Bali yang dibuat di dapur," terangnya.
Selain memiliki ragam jenis Balinese food, Kepitu Restaurant juga menawarkan beberapa pilihan cara menikmati makanan, seperti bersantap siang di tengah kolam renang atau candle light dinner yang romantis.


Bersantap siang di kolam renang, bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin makan, namun enggan beranjak dari kolam renang. Untuk aktivitas ini, Kepitu Restaurant memiliki beberapa fasilitas pendukung, mulai anyaman rotan besar yang dibentuk nampan, sehingga bisa digunakan sebagai meja apung di kolam renang.


Bagi yang ingin menikmati makan malam romantis, Kepitu Restaurant juga punya beberapa spot yang nyaman, mulai dari sisi kolan renang hingg balkon kayu yang romantis. "Untuk makan malam ini, baik menu maupun dekorasinya kami sesuaikan dengan tema yang diinginkan ," tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia