Rabu, 26 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Pratima Berbentuk Arca Dewi Dhurga di Pura Dalem Pinge Raib

18 Januari 2020, 20: 14: 47 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pratima Berbentuk Arca Dewi Dhurga di Pura Dalem Pinge Raib

RAIB: Polisi saat melakukan olah TKP di Pura Dalem Pinge pasca terjadi pencurian, Sabtu (18/1). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Sebuah pratima di Pura Dalem Pinge, di Banjar Pinge, Desa Baru, Kecamatan Marga, Tabanan, raib digondol maling dan diketahui Sabtu (18/1) sekitar pukul 08.00 Wita. Peristiwa itu diketahui setelah terjadi juga pencurian perangkat komputer di SDN 1 Baru yang lokasinya bersebelahan.

Informasi di lapangan menyebutkan, peristiwa itu bermula ketika seorang guru di SDN 1 Baru I Wayan Astawa, 52, tiba di sekolah dan mendapati ruang guru dalam keadaan berantakan. Setelah dicek ternyata satu unit monitor komputer hilang. Disamping itu saksi juga menemukan ada jejak kaki pada sofa sehingga diyakini jika pencuri telah masuk ke sekolah tersebut. Atas kondisi tersebut saksi pun melapor kepada Bendesa Adat Pinge I Made Jadra Yasa sehingga Bendesa Adat langsung datang ke TKP.

Setelah mengetahui jika ada pencurian yang masuk ke sekolah, Bendesa Adat meminta Jero Mangku Pura Dalem I Nyoman Sudana untuk mengecek Pura Dalem Pinge yang lokasinya bersebelahan dengan SDN 1 Baru tersebut apalagi hanya dibatasi tembok penyengker saja.

Dan benar saja saat dicek didapati Gedong Pura Dalem sudah dalam keadaan acak-acakan dan setelah diteliti oleh Jro Mangku ternyata Pratima, Keris dan Pis Bolong yang ada didalamnya telah raib. Atas kejadian tersebut Bendesa Adat Pinge pun melaporkan ke Polsek Marga.

Kasubag Humas Polres Tabanam Iptu I Made Budiarta membenarkan perihal peristiwa tersebut. Dirinya mengatakan berdasarkan hasil pengecekan dan olah TKP diketahui benda yang hilang adalah 1 unit layar monitor CPY merk Futura Neo di SDN 1 Baru, dan 1 bilah keris, 7.500 biji uang kepeng ( pis bolong), serta 1 buah Pratima berbentuk arca berbentuk Dewi Dhurga dengan dilapisi emas juga hilang dari Pura Dalem Pinge.

"Modus pelaku adalah mencongkel jendela pada sekolah kemudian masuk kedalam ruang guru dan mengambil monitor selanjutnya memanjat pagar atau penyengker Pura Dalem kemudian merusak gembok dan mengambil pratima," ujarnya.

Akibat peristiwa tersebut pihak SDN 1 Baru mengalami kerugian mencapai Rp 1,5 Juta dan Pura Dalem Pinge mengalami kerugian Rp 80 Juta. "Dan saat ini masih dilakukan penyelidikan atas peristiwa tersebut," tandasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia