Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Politik

Calon Parpol Bergemuruh, Calon Independen Masih Nihil di Karangasem

20 Januari 2020, 06: 22: 42 WIB | editor : I Putu Suyatra

Calon Parpol Bergemuruh, Calon Independen Masih Nihil di Karangasem

Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Deretan calon kepala daerah di Karangasem sepertinya akan dominan diwarnai kalangan partai politik. Pasalnya, sampai memasuki pekan ketiga di awal 2020 ini, belum ada satupun figur yang menyatakan siap maju lewat jalur perseorangan. Kendati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pintu untuk bakal calon yang mau maju melalui jalur ini.

Sekalipun begitu, KPU Karangasem tetap menyiagakan petugasnya untuk melayani konsultasi kepada seluruh bakal calon yang ingin mencalonkan diri. Tidak terkecuali bagi mereka yang ingin maju melalui jalur perseorangan.

"Memang sampai pekan kemarin belum ada (konsultasi). Tapi kami tetap siagakan petugas. Barangkali ada yang konsultasi. Supaya bisa kami layani. Kami berikan informasi tahapan pendaftaran," jelas Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana, Minggu (19/1).

Krisna Widana menjelaskan, tahap pendaftaran calon perseorangan akan digelar pada 19 Februari 2020 mendatang. Tahapan itu akan berlangsung selama lima hari dan berakhir pada 23 Februari 2020 mendatang. “Itu pun sampai pukul 24.00. Misalnya tidak ada yang konsultasi, pendaftaran tetap dibuka," imbuhnya.

Selain itu, dia mengingatkan kembali bahwa untuk jalur perseorangan, bakal calon memenuhi syarat yang ditentukan KPU. Salah satunya mengenai syarat dukungan minimal yang besarnya ditetapkan sebanyak 32.317 orang ber-KTP. Dan dukungan itu minimal tersebar di lima kecamatan serta terdaftar sebagai pemilih tetap di DPT.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia