Rabu, 26 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Hari Kelima, 21 Orang Mendaftar Jadi PPK Denpasar

21 Januari 2020, 22: 09: 08 WIB | editor : Nyoman Suarna

Hari Kelima, 21 Orang Mendaftar Jadi PPK Denpasar

DAFTAR: Salah seorang warga melakukan pendaftaran PPK di KPU Denpasar, Selasa (21/1). (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Denpasar hingga kini masih berlangsung. Sesuai tahapan, proses ini akan berlangsung sampai 24 Januari 2020 mendatang.

Memasuki hari kelima, Selasa (21/1), proses rekrutmen ini disambut antusias. Setidaknya sudah ada 21 orang yang mendaftarkan diri sebagai petugas PPK.

Sementara ini, jumlah terbanyak didominasi peserta dari Denpasar Utara yang berjumlah delapan orang. Kemudian Denpasar Selatan dan Denpasar Barat masing-masing empat orang. Sedangkan Denpasar Timur sebanyak lima orang.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Denpasar I Wayan Arsa Jaya, para peserta rekrumen PPK ini didominasi kalangan muda. “Sebagian besar anak muda,” sebutnya.

Terkait rekrutmen tersebut, pihaknya mengingatkan petugas PPK yang dicari adalah mereka yang memiliki integritas tinggi. Sekalipun beban kerjanya tidak seberat saat Pemilu 2019 lalu, namun tekanan kerja dalam Pilkada tidak bisa dipandang remeh. Terlebih pelaksanaan Pilkada terhitung sudah cukup dekat.

“Kami dari KPU Denpasar tetap menekankan integritas sebagai hal yang utama. Dalam prosesnya nanti, calon yang lolos harus memenuhi standar integritas. Hal itu dilihat dari identitasnya, latar belakangnya, pengalaman, dan penilaian masyarakat,” terangnya.

Menyinggung soal honor, menurut dia, nilainya mengalami peningkatan dibandingkan saat Pemilu tahun lalu. Terlebih kenaikan honor tersebut mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar dan anggarannya pun telah ditambah.

Dia mengatakan, proses penambahan anggaran berjalan setelah melalui kesepakatan hibah sebelumnya Rp 25 miliar, ditambah lagi dengan penambahan kenaikan honorarium penyelenggara di PPK, PPS dan KPPS.

Berhubung masih ada waktu untuk pendaftaran, pihaknya kembali mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi sebagai PPK dalam Pilkada Serentak 2020. Untuk persyaratannya, baik PPK maupun KPPS minimal berusia 17 tahun. Sehingga baik pelajar atau mahasiswa punya kesempatan untuk ikut berpartisipasi. Adapun masa tugasnya dimulai dari 1 Maret hingga 30 November 2020.

Sedangkan untuk nilai honornya, Rp 2,2 juta bagi ketua, Rp 1,9 juta untuk anggotanya, Rp 1.550.000 untuk sekretaris, serta Rp 1 juta untuk pelaksana atau staf administrasi.

(bx/bay/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia