Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Politik

KPU Badung Target 60 Pendaftar PPK

22 Januari 2020, 13: 13: 23 WIB | editor : I Putu Suyatra

KPU Badung Target 60 Pendaftar PPK

DAFTAR: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung menerima pendaftaran PPK, Selasa (21/1) siang. (SURPA ADISASTRA/BALI EXPRESS)

Share this      

BADUNG, BALI EXPRESS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung masih menerima pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dari target 60 pendaftar, hingga Selasa (21/1) siang, sudah ada 29 pendaftar. Pendaftaran juga ditinjau langsung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta alias Kayun mengungkapkan, pihaknya menargetkan ada 60 orang yang mendaftar. “Nanti yang ditugaskan ada lima orang di masing-masing kecamatan. Karenda ada enam kecamatan, total dibutuhkan 30 orang. Tapi pendaftar minimal dua kali lipatnya, sehingga kami menerima minimal 60 orang,” ungkapnya saat ditemui di Kantor KPU, Jalan Kebo Iwa, Denpasar.

Secara umum, persyaratan pendaftar yakni WNI berusia minimal 17 tahun, dan syarat lainnya.

“Hingga siang ini, sudah ada 29 orang pendaftar. Mudah-mudahan target terpenuhi, karena masih terbuka sampai 24 Januari 2020,” imbuh I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, Anggota Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Badung.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Badung I Gusti Ngurah Bagus Cahya Sasmita mengatakan, berdasarkan pantauan sejak Sabtu (18/1) lalu, proses penerimaan pendaftaran PPK berjalan lancar. “Hari pertama dan kedua memang sempat sepi. Tapi dari hari ketiga dan keempat, hari ini pendaftar cukup banyak,” ujarnya.

Bagus Cahya berharap target 60 pendaftar terpenuhi. Sehingga tidak perlu masa perpanjangan pendaftaran. “Biasanya kan menjelang hari terakhir banyak pendaftar. Mudah-mudahan saja memenuhi target,” tandasnya.

Adapun pendaftaran bisa dilaksanakan di Kantor KPU Badung. Bisa pula mengunjungi website http://kpu-badungkab.go.id/ atau https://tinyurl.com/ppkbdg20. Bagi Ketua PPK disiapkan honorarium Rp 2,2 juta. Sedangkan anggota Rp 1,9 juta.

Di samping menerima pendaftaran PPK, KPU Badung juga membuka layanan konsultasi bagi pasangan calon (paslon) yang ingin maju dalam Pilkada Badung lewat jalur independen. Namun sejak sejak dibuka Desember 2019 lalu hingga kemarin, belum ada yang konsultasi. “Belum ada. Tapi layanan tetap buka hingga 18 Februari. Karena penerimaan dukungan calon perseorangan berlangsung 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2020 yang akan datang,” tandas Kayun.

Bagi paslon independen, minimal harus mengantongi dukungan 32.692. Jumlah tersebut adalah 8,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. “Jadi harus mendapatkan dukungan 8,5 persen dan tersebar di minimal empat kecamatan di Badung,” pungkas Kayun. 

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia