Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Politik

Pemilihan Ketua OSIS SMK Pariwisata Dalung Gunakan Sistem Pemilu

22 Januari 2020, 13: 32: 27 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pemilihan Ketua OSIS SMK Pariwisata Dalung Gunakan Sistem Pemilu

MEMILIH: Salah seorang siswa SMK Pariwisata Dalung menyalurkan hak pilihnya dalam pemilihan Ketua OSIS sekolah setempat, Selasa (21/1). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

BADUNG, BALI EXPRESS - Ada yang berbeda pada pemilihan Ketua OSIS di SMK Pariwisata Dalung (Prada) Kuta Utara, Badung, Selasa (21/1). Dimana proses pemilihan yang dilaksanakan setiap tahun ini, kemarin dilangsungkan layaknya Pemilihan Umum (Pemilu). Bahkan proses pemilihan ini bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Badung.

Kemiripan itu tampak seperti properti yang digunakan, yang sama seperti Pemilu. Mulai bilik suara dari KPU sebanyak 20 buah, kotak suara dua buah, kartu suara bahkan hingga tinta. “Kami juga ada saksi layaknya pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia. Tidak hanya pencoblosan, tapi lengkap dengan kartu suara, bilik suara dan kotak suara, juga ada program kampanye dan verifikasi calon juga dilaksanakan,” kata Ketua OSIS, Putu Eka Darmawan.

Dia mengatakan, kegiatan ini dimulai Oktober 2019 dengan seleksi calon pengurus OSIS dengan memperhatikan minat maupun prestasi, serta tes tulis dan tes wawancara. Selanjutnya pada 26-29 Desember 2019 dilaksanakan latihan kepemimpinan sebagai syarat kader akan menjadi pengurus OSIS. “Tanggal 3 sampai 4 Januari 2020 pendaftaran calon dan kelengkapan administrasi. 15 Januari 2020 verifikasi calon ketua, dilihat dari absensi, data di BK, administrasi dan aspek lainnya,” katanya.

Kemudian 17 Januari 2020 sosialisasi serta perkenalan calon oleh tim sukses. “20 Januari 2020 kampanye umum oleh masing-masing calon,” imbuhnya.

Untuk 27 Januari 2020 nanti, akan dilaksanakan pelantikan pengurus OSIS 2020. Calonnya terdiri atas empat paket kandidat, terdiri ketua, sekretaris dan bendahara dari siswa kelas XI dengan jumlah pemilih 760 orang.

Kepala SMK Pariwisata Dalung Ni Putu Trisnawati mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran bagi siswa. “Tujuannya untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa,” ujarnya

Terkait hal itu, Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta mengataan, saat ini KPU sudah bekerjasama dalam bentuk MoU dengan tiga sekolah terkait Kerjasama Rumah Baca Pemilu, yaitu SMK Prada Dalung, SMK PGRI 2 Badung dan SLB 1 Badung. “Dalam kerjasama pelaksanaan pemilihan OSIS, KPU Badung juga membuka ruang kerjasama, yang mana selama ini beberapa sekolah memanfaatkan fasilitas kotak, bilik dan kelengkapannya dipinjamkan dalam pelaksanaan pemilihan Osis di sekolah,” ungkapnya.

Dia berharap pemilihan Ketua OSIS SMK Pariwisata Dalung menjadi sebuah wahana edukasi untuk melahirkan pemimpin-pemimpin melalui mekanisme pemilihan OSIS. “Bahwa Ketua OSIS terpilih bukan hanya memenangkan kompetisi. Terpenting Ketua Osis terpilih telah memenangkan kesempatan untuk berani belajar lebih banyak, untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang lebih besar,” imbuhnya. 

(bx/bay/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia