Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bisnis

168 Ekor Sapi Bali Bunting Dapat Vitamin dan Kalsium

22 Januari 2020, 13: 40: 03 WIB | editor : I Putu Suyatra

168 Ekor Sapi Bali Bunting Dapat Vitamin dan Kalsium

TERNAK: Pelayanan kesehatan hewan gratis yang dilakukan petugas Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Selasa (21/1). (GDE RIANTORY/BALI EXPRESS)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS - Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana melaksanakan pelayanan kesehatan hewan di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Jembrana. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (21/1) itu menyasar hewan jenis sapi Bali.

Dari pantauan Bali Express (Jawa Pos Group) pagi kemarin, ratusan warga di Banjar Kembang Sari, Desa Tukadaya berdatangan membawa ternak sapi bali mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hewan gratis ini. Pelayanan yang diberikan meliputi pelayanan kesehatan umum seperti pemberian obat anti cacing untuk anakan sapi bali, vaksinasi, penyemprotan lalat pada tubuh sapi serta pengobatan sapi yang sakit. Selain itu juga dilakukan pelayanan kesehatan reproduksi yakni pemeriksaan kebuntingan dan gangguan reproduksi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Wayan Widarsa mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas sapi bali agar tidak punah serta mencegah adanya penyakit menular yang kerap menyerang sapi bali. “Ini untuk meningkatkan kesehatan hewan dan mencehan terjadinya kasus penyakit serta mengurangi gangguan reproduksi,” ujarnya.

Sebanyak 168 ekor sapi bali dalam kondisi bunting diberikan vitamin dan kalsium. Sedangkan untuk calon indukan sebanyak 31 ekor diberikan vaksin guna mengurangi atau mencegah penyakit menular. Bahkan khusus untuk 48 ekor anakan sapi bali juga diberikan vaksin dan obat anti cacing

 Kegiatan ini dijelaskan Wayan Widarsa akan terus berlanjut ke empat Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Jembrana. Sehingga kedepan kwalitas dan kwantitas sapi bali bisa meningkat. 

(bx/tor/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia