Rabu, 26 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Sebut Anak Mas Sumatri Terlibat Sabung Ayam, Empat Akun FB Dilaporkan

22 Januari 2020, 19: 42: 48 WIB | editor : Nyoman Suarna

Sebut Anak Mas Sumatri Terlibat Sabung Ayam, Empat Akun FB Dilaporkan

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Tim kuasa hukum Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri tampaknya mulai berang,  terkait beredarnya kabar bohong yang terkesan menyudutkan kliennya. 

Terlebih momen menjelang Pilkada Karangasem membuat tensi politik semakin tinggi. Citra Mas Sumatri yang bakal dipersiapkan NasDem maju sebagai calon bupati dua periode pun dikhawatirkan tercoreng.

Hal ini terkait dengan beredarnya selebaran surat laporan ke Polda Bali perihal permohonan penertiban arena sabung ayam di salah satu desa di Karangasem di dunia maya. Surat yang tersebar luas di situs facebook (FB) menyebut keterlibatan Mas Sumatri, dalam hal ini ditulis di dalam surat sebagai anak bupati. 

Sontak pihak Mas Sumatri bereaksi keras. Meski surat tersebut ditujukan ke kepolisian, menurut tim kuasa hukum, surat tersebut tidak jelas siapa pengirimnya. Foto surat tersebut lantas merambah ke akun-akun hingga grup-grup FB karena disebar sejumlah pemilik akun.

"Kami himpun sekurang-kurangnya ada empat akun FB yang mengunggah status potensial penyebaran kabar bohong, fitnah, pencemaran nama baik. Besok (Kamis) tim akan lapor ke Polres Karangasem. Isi laporan berkenaan dengan pelanggaran UU ITE," jelas konsultan politik IGA Mas Sumatri, I Gusti Putu Artha, kepada Bali Express (Jawa Pos Group) melalui pesan WA, Rabu (22/1).

Putu Artha menyebut, kemungkinan jumlah akun yang dilaporkan bakal bertambah. Pihaknya masih menelusuri beberapa akun yang sempat menyebarkan foto selebaran surat itu. "Kami tidak akan merilis nama akunnya sampai laporan. Ini potensial," katanya.

"Akun FB yang akan dilaporkan walaupun di lini masa akun itu (memang) sudah ada yang dihapus. Namun status tersebut telah dibaca publik dan dibagikan," imbuh Putu Artha.

Menurut dia, hal yang paling krusial dalam laporan itu adalah adanya pengantar oleh sejumlah akun dalam unggahannya di media sosial. Yang menyebut penyelenggaran arena sabung ayam dilindungi oleh oknum atau anak bupati Karangasem. 

Tim kuasa hukum Sumatri menilai, tudingan itu jelas mengarah kepada Mas Sumatri. Hal ini sangat disayangkan pihaknya, lantaran selama ini Mas Sumatri ingin menciptakan suasana politik yang damai, tanpa fitnah dan hujatan. "Ini pembunuhan karakter. Ini jelas pencemaran nama baik yang sengaja ingin menjatuhkan popularitas Bu Mas," ketusnya.

Putu Artha mengaku akan mendampingi tim kuasa hukum ke Polres Karangasem, Kamis (23/1). Namun dia enggan mengatakan pukul berapa dirinya bersama anggota tim mendatangi Mapolres. "Ini bagian dari sikap serius tim hukum (Mas Sumatri) menegakkan hukum dan mendidik publik berani bertanggung jawab atas kebebasan yang diberikan negara," pungkas Putu Artha.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia