Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Pol PP Klungkung Sidak Bangunan Rumah Serobot Lahan Sisa LC

22 Januari 2020, 23: 09: 43 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pol PP Klungkung Sidak Bangunan Rumah Serobot Lahan Sisa LC

CEK BANGUNAN: Personel Satpol PP Klungkung melakukan pengecekan bangunan yang serobot lahan sisa LC di Jalan Subali, Semarapura, Rabu (22/1). (I MADE MARTAWAN/BALI EXPRESS)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS - Satpol PP Kabupaten Klungkung memastikan pembangunan satu unit rumah di Jalan Subali, Kelurahan Semarapura Kelod Kangin, melanggar aturan. Pemilik bangunan yang disebut-sebut warga Kelurahan Semarapura Kangin itu pun diberikan batas waktu (deadline) dua pekan untuk membongkar sendiri bangunannya. Hal itu ditegaskan Kasapol PP dan Pemadam Kebakaran Klungkung I Putu Suarta saat turun mengecek bangunan itu, Rabu (22/1).

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klungkung, Suarta menyebutkan, bangunan berukuran 9 x 5 meter itu berada di atas lahan sisa program land consolidation (LC). Lahan itu pun tidak boleh dikuasai perorangan. Hanya boleh dibangun fasilitas umum di tempat tersebut. Misalnya posko keamanan lingkungan (Poskamling). “Dia (pemilik bangunan) sudah sanggup dan janji bongkar. Kami berikan waktu dua minggu. Kalau tidak dibongkar, Pol PP yang bongkar,” tegas Suarta.

Selain memanfaatkan lahan bukan miliknya, pembangunan yang dilakukan sejak Desember 2019 tersebut juga melanggar sempadan jalan dan sungai. Pemilik bangunan nekat membangun di daerah terlarang karena tidak punya lahan. Selama ini pemiliknya tinggal di rumah kontrakan. “Alasan membangun di sana karena tidak punya tempat,” ungkap Suarta.

Suarta tidak menampik potensi pelanggaran yang sama bisa saja terjadi di tempat lain. Pihaknya berharap peran aktif masyarakat dalam hal pengawasan. Masyarakat yang mencurigai adanya pelanggaran agar segara melapor. “Seperti ini. Ini laporan masyarakat bahwa ada warga membangun tidak pada tempatnya,” tandas pejabat asal Lingkungan Pegending, Kelurahan Semarapura Kauh itu.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia