Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Politik

Survei Ganesha Consulting, Kinerja Mas Sumatri Memuaskan 74,2 Persen

23 Januari 2020, 10: 35: 09 WIB | editor : I Putu Suyatra

Survei Ganesha Consulting, Kinerja Mas Sumatri Memuaskan 74,2 Persen

I Gusti Putu Artha (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dikenal memiliki gaya kepemimpinan yang hangat dan cair di mata masyarakat. Selama beberapa tahun memimpin pada periode pertama ini, Mas Sumatri telah mengeluarkan beberapa program inovatif, salah satunya Kartu Karangasem Pintar (KKP) dan lainnya.

Hal ini kian mendongkrak elektabilitas Sumatri di mata masyarakat menghadapi Pilkada Karangasem, September 2020. Hasil survei yang dilakukan salah satu lembaga survei terpercaya, Ganesha Consulting, menunjukkan masyarakat Karangasem mengaku puas dengan kinerja bupati wanita pertama di Bumi Lahar. Persentase tingkat kepuasan mencapai 74,2 persen.

Pengurus DPP NasDem sekaligus konsultan politik IGA Mas Sumatri, I Gusti Putu Artha mengakui, elektabilitas Sumatri kian meroket lantaran rakyat bisa merasakan manfaat program pemerintah. Salah satu indikatornya melalui fakta penilaian positif atas kinerja pemerintah. "Terutama pelayanan kesehatan, kartu karangasem cerdas, dan pemberian makan gratis bagi penunggu pasien di rumah sakit," kata Gusti Putu Artha, Rabu (22/1).

Kata mantan komisioner KPU ini, sebenarnya survei yang dilakukan pada 27-31 Oktober 2019 itu awalnya dijadikan acuan di kalangan internal NasDem. Tapi baginya saat ini momen yang tepat, terlebih jelang suksesi kepala daerah Karangasem.

Menurut Artha, masyarakat wajib tahu tentang seluk-beluk seorang calon. Bagaimana citra positif, elektabilitas, dan popularitas salah satu calon yang akan maju pada Pilkada Karangasem di mata publik. Salah satunya Mas Sumatri. 

"Secara politik, komunikasi Mas Sumatri lebih hangat, cair, dan dekat dengan rakyat melalui metode mawirama bersama. Bahkan mau menari bersama rakyat dan sering turun menengok rakyat yang menderita," sebut Arta.

Survei oleh Ganesha Consulting dilakukan secara acak dan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Survei elektabilitas dan pemetaan ini melibatkan responden di delapan kecamatan. Pada survei elektabilitas, jumlahnya sebanyak 1.100 orang namun terjadi margin of error sebesar 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sedangkan survei pemetaan jumlah responden 1.300 orang meliputi pemetaan di 78 desa dan kelurahan se-Kabupaten Karangasem. 

Yang menarik dari hasil survei ini, Mas Sumatri unggul telak dari kompetitornya hampir di semua kecamatan. "Mas Sumatri menang di semua kecamatan dengan persentase terbesar Karangasem dan Kubu. Di Abang, Mas Sumatri berhasil mengungguli Gede Dana," klaimnya. 

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia