Jumat, 03 Apr 2020
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

700 Ribu Kendaraan Nunggak Pajak di Bali, Dispenda Buka Kantor di Saya

28 Januari 2020, 17: 55: 41 WIB | editor : I Putu Suyatra

700 Ribu Kendaraan Nunggak Pajak di Bali, Dispenda Buka Kantor di Sayan

SAMSAT : Warga tengah melakukan wajib pajak di UPT Samsat Pembantu Gianyar di Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Selasa (28/1). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Bali mencatat lima tahun belakangan ini sebanyak 3,3 juta kendaraan roda empat maupun roda dua yang ada di Bali. Sedangkan yang sudah bayar pajak sebanyak 2,6 juta kendaraan. Sisanya sekitar 700 ribu kendaraan belum dibayar pajaknya.

Beberapa upaya pun telah dilakukan dengan gencarnya razia gabungan dan pembenahan fasilitas kantor Samsat, termasuk dibukanya kantor Samsat Pembantu Gianyar di Desa Sayan, Kecamatan Ubud.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dispenda Provinsi Bali, Made Santha didampingi oleh Dirlantas Polda Bali, Kombes Pol. Wisnu Putra dan Kepala UPTD Samsat Gianyar, Anak Agung Rai Sugiharta. “Lima tahun ini tercatat 3,3 juta kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Yang sudah membayar pajak 2,6 juta, kurang lebih 700 ribu kendaraan belum membayar pajak. Itu 82 persen roda dua dan sisanya 18 persen roda empat,” ungkapnya usai meresmikan Samsat Pambantu Gianyar di Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Selasa (28/1).

Dalam kesempatan itu, Santha juga menyampaikan beberapa upaya telah dilakukannya guna menyadarkan masyarakat akan wajib pajak. “Kami sudah berupaya menyadarkan masyarakat dari aspek ketaatan wajib pajak dengan adanya razia gabungan. Di sana ada komponen Polisi lalu lintas, Dispenda, Jasa Raharja, dan Dishub.  Termasuk kami membenahi pelayanan di samsat keliling, di kantor samsat, salah satunya dengan menambah Kantor Samsat Pembantu seperti yang ada di Desa Adat Sayan ini,” jelasnya.

Kepala UPTD Samsat Gianyar, Anak Agung Rai Sugiharta mengaku dibukanya Samsat Pembantu Gianyar di Sayan guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada wajib pajak. Khususnya yang menyasar masyarakat dari Gianyar bagian barat dan utara, Badung Utara dan Badung Timur, hingga masyarakat wilayah Kintamani, Kabupaten Bangli.

“Kami sudah berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan jumlah masyarakat Gianyar mencapai 500 ribu jiwa. Dengan kendaraan terdaftar sebanyak 347.348 unit, seperti diketahui masyarakatnya sebagai pelaku pariwisata. Sehingga dengan kantor Samsat Pembantu di Sayan ini bagian perbatasan bisa kami jangkau,” tandasnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia