Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Dua Hari Hilang di Nusa Dua, Pemancing Gurita Diselamatkan Kapal Motor

02 Februari 2020, 18: 34: 39 WIB | editor : Nyoman Suarna

Dua Hari Hilang di Nusa Dua, Pemancing Gurita Diselamatkan Kapal Motor

PENCARIAN : Tim SAR mencari nelayan yang hilang saat mancing gurita di Nusa Dua. (ISTIMEWA)

Share this      

BADUNG, BALI EXPRESS - Mohdar, 62, seorang nelayan pemancing gurita yang dilaporkan menghilang saat melaut akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat pada hari ketiga pencarian, Sabtu (1/2). 

Nelayan asal Desa Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung ini belum kembali dari melaut setelah pergi memancing gurita, Rabu (29/1) lalu. Ia pergi pada pagi hari, sekitar pukul 08.00 dengan menggunakan sampan dengan dua katir.

Sejak Sabtu pagi, tim SAR gabungan telah melakukan pencarian di perairan dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat). Sementara itu, tiga personil yang merupakan SRU darat ikut memantau di sekiar pantai Tanjung Benoa, Mertasari dan Serangan.

Sabtu, sekitar pukul 11.00, diperoleh kabar baik bahwa ada yang menemukan nelayan pemancing gurita tersebut. "Kami terima informasi ada menemukan nelayan tersebut, namun informasinya masih simpang siur," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Gede Darmada. 

Selelah informasi ini, personil dari Pos SAR Jembrana segera melakukan koordinasi dengan STC Gilimanuk dan Ketapang untuk memastikannya. "Dari hasil koordinasi ini, diperoleh keterangan bahwa korban telah dibawa oleh KM Mitra Perdana," ujar Gede Darmada.

Agen kapal tersebut menyatakan bahwa kapal melaut dari Pelabuhan Tanjung Wangi sejak Senin (27/1). "Koordinasi kami sempat terkendala karena agen kapal sulit menghubungi KM Mitra Perdana. Baru pada pukul 12.30, didapatkan kepastian bahwa nelayan yang diselamatkan oleh KM Mitra Perdana bernama Mohdar," ujar Darmada.

Darmada juga menjelaskan bahwa Mohdar ditemukan di posisi 9° 9'6.51"S-116° 1'39.75"E, Jumat (31/1) pukul 17.50. "Selanjutnya ia dipindahkan ke kapal kolekting yang akan menuju ke Banyuwangi, lalu KM Mitra Perdana melanjutkan pelayaran," ujarnya.

Kondisi korban saat dievakuasi dalam keadaan sehat. Rencananya, dalam dua hingga tiga hari ke depan, korban akan dititipkan ke kapal ikan KM.Cakalang yang akan kembali ke Bali.

(bx/ris/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news