Selasa, 25 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Balinese

Doktor Ngayah Topeng di Pura Puseh Penegil Dharma, Ini Pesannya

09 Februari 2020, 15: 43: 58 WIB | editor : I Putu Suyatra

Doktor Ngayah Topeng di Pura Puseh Penegil Dharma, Ini Pesannya

TOPENG : Piodalan di Pura Puseh Panegil Dharma yang dilaksanakan pada Buda Umanis Julungwangi ditutup dengan tarian Topeng Sidakarya. Tampak DR I Ketut Sukawati Lanang P Perbawa (dua dari kiri) foto bersama dengan para pregina dan pemangku setempat. (NYOMAN DARMA WIBAWA/BALI EXPRESS)

Share this      

BULELENG, BALI EXPRESS - Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) Bli Braya mendapat kesempatan ngayah topeng sidakarya dan bondres saat Piodalan di Pura Puseh Panegil Dharma di Desa Kubutambahan, Kubutambahan, Buleleng, Bali, yang jatuh pada Buda Umanis Juluwangi (5/2).

Salah satu pragina Bli Braya DR I Ketut Sukawati Lanang P Perbawa mengaku baru pertama kali ngayah bersama pragina Bli Braya. Suasana yang dirasakan ketika pentas juga dikatakan paling berbeda dari tempat lain yang sudah pernah dirinya datangi.

Selain memiliki beberapa perbedaan dengan pura yang lain, dilihat dari sejarah yang dimiliki pura ini begitu kental dengan sistem kerajaan yang menjadi simbol dari kekuatan Bali pada abad terdahulu.

Saat pentas, Lanang mengambil tema ngayah khususnya di era globalisasi. Sebab baginya pola ngayah yang ada di Bali pada zaman apa pun harus tetap ada karena hal tersebut bisa dilakukan dalam berbagai bentuk contohnya seperti tarian sidakarya yang dihaturkan dirinya bersama Bli Braya.

Selain itu dirinya menegaskan pola ngayah harus tetap dilakukan karena untuk menguatkan adat dan budaya masyarakat Bali. Lewat ngayah yang dilakukan oleh krama di pura juga dirinya harapkan bisa membawa berkah dan Ida Sang Hyang Widhi Wasa bisa memberikan anugrahnya kepada kita semua.

“Artinya kalau ngayah di Bali itu zaman apa pun pola ngayah yang dilakukan berbagai bentuk tetap harus dilakukan karena untuk menguatkan adat dan budaya kita,” tutupnya.

(bx/dar/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia