Selasa, 25 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

Ratna Menyels Buktikan Janji

12 Februari 2020, 16: 51: 39 WIB | editor : Nyoman Suarna

Ratna Menyels Buktikan Janji

TARGET : Target Ratna tuntaskan sejumlah single akhir Februari tak berjalan mulus. (ISTIMEWA)

Share this      

Pelan tapi pasti, penyanyi  Bali Ratna Menyels, akhirnya penuhi janjinya, meski tak sepenuhnya tuntas. Akhir tahun 2019 lalu, gadis dengan nama asli Ni Wayan Ratna Dewi ini, ingin memberikan kejutan spesial bagi penikmat musik mabasa Bali.
TAK tanggung-tanggung, sebelum berangkat ke Turki untuk bekerja, Ratna Menyels ingin menuntaskan empat single terbaru pada tahun 2020. Ratna kini memastikannya sudah dua lagu tuntas digarap dan tinggal mengatur waktu yang tepat untuk dirilis.
“Yang udah pasti, baru dua single yang selesai digarap, sisanya masih curi-curi waktu. Kira-kira cukup nggak ya waktunya  sebelum aku ke Turki,” tutur Ratna Menyels saat diwawancara Bali Expresa (Jawa Pos Group), Selasa (11/2).

Single pertama yang ia garap bertajuk 'Saling Satya' dan lagu satunya lagi belum mulai direkam. Hanya saja, materinya sudah disiapkan. “Lagu 'Saling Satya'  adalah lagu ketiga aku. Dan tahun 2020 adalah single pertama yang sudah total diselesaikan. Baik dari segi rekaman hingga penamaan judulnya. Sementara single yang satunya lagi belum ada judulnya, dan memang aku masih mencari waktu yang tepat untuk rekaman.  Materinya sudah aku siapkan,” jelas Ratna Menyels.
Terkait single 'Saling Satya', Ratna  menjelaskan bahwa ada konsep terbaru yang akan diperlihatkannya. Hal itu merujuk pada garapan single tersebut berkonsep duet bersama salah satu band lokal asal Bali, yaitu Rollband. Proyek tersebut, diakuinya, sudah  digarap sejak tahun lalu. "Jadi, materinya sudah siap banget untuk dieksekusi. Waktu aku masih di Turki, aku dan vokalis Rollband sudah saling kontak. Pelan-pelan kita menggarap liriknya bareng-bareng,” imbuh pelantun lagu 'Rindu' yang dirilis Maret 2019 silam ini.
Disinggung tentang  pesan dan kisah yang ingin  disampaikan lewat lagu tersebut, wanita  kelahiran 29 Agustus 1996  mengatakan,  tetap mengangkat kisah cinta anak muda. Hanya saja, dalam lagu ini khusus  bagi pasangan yang menjalin hubungan long distance atau jarak jauh. “ Lagu ‘Saling Satya' ini menceritakan tentang orang-orang pejuang cinta jarak jauh. Kan banyak sekarang yang lagi menjalin hubungan asmara dari jarak jauh. Dan, pastinya rasa yang tercipta pun sangat menggebu-gebu tentang rindu, saling berharap, saling percaya dan lain sebagainya. Jadi, ya kita buat lagu untuk itu,” ungkapnya.
Sementara itu, terkait materi single yang belum diberi judul, perempuan asal Gumi Lahar, Tianyar Tengah, Karangasem ini mengaku, lagu tersebut bisa dibilang cukup banyak perbedaan dengan karya  sebelumnya. Dari segi kemasan musiknya, bisa dibilang  hal yang sangat baru untuk dicoba, yakni  mengusung genre musik jazz.  “Mungkin keunikan sekaligus tantangan buat aku adalah genre musik pilihan yang harus aku coba. Karena kan kemarin masih genre pop band gitu, jadi sekarang di lagu solo ini mau coba dengan genre jazz,” imbuhnya.
Pemilihan genre yang tak biasa dia lakukan ini, karena Ratna ingin menyuguhkan lagu-lagu yang punya kesan happy. Apalagi, lagu-lagu sebelumnya juga berkesan galau. “Kenapa tidak aku coba suguhkan hal yang baru. Sekaligus aku juga belajar dengan genre musik yang baru. Paling tidak bisa mengembangkan bakat yang ada dalam industri musik Bali,"urainya. Soal tema lagu, Ratna mengatakan, tentang orang yang jomblo dan kepengen punya pacar.
Proyek  single yang belum memiliki judul ini, masih ditulis oleh Adi Merta, sosok yang juga menuliskan lagu-lagu Ratna  sebelumnya. “Kalau liriknya sendiri masih penciptanya dari lagu pertama dan kedua, yaitu bli Adi Merta. Doakan saja semoga nanti saat di Turki bisa nyiptain lagu sendiri. Soalnya kan sudah banyak juga gambaran dari lagu-lagu yanh digarap ini untuk kata-kata sendiri maupun nadanya,” katanya.
Perempuan yang baru menginjak usia 24 tahun ini berharap, lagunya  bisa rampung sesuai rencana di akhir Februari mendatang. Sementara untuk lagu 'Saling Satya'  memang ditargetkan akan dirilis saat momen hari Kasih Sayang alias Valentine.
Lantas, kapan janjinya benar benar vakal tunta? “Waktu dari kita kurang sepertinya. Jadi, kayaknya nggak bisa karena kita juga belum garap video klipnya. Begitu juga untuk lagu-lagu baru lainnya, karena materinya baru diterima, jadi belum berani mastiin kapan akan digarap. Kan harus dipelajari dulu, biar nggak sekadar rekaman. Ya doakan, semoga bisa terselesaikan semuanya,” tutup Ratna.

(bx/vir/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia