Selasa, 25 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Dewan Klungkung Dorong Sekolah Inovasi Dibuka Tahun Ini

12 Februari 2020, 22: 13: 16 WIB | editor : Nyoman Suarna

Dewan Klungkung Dorong Sekolah Inovasi Dibuka Tahun Ini

I Wayan Mardana, Ketua Komisi III DPRD Klungkung (I MADE MARTAWAN/BALI EXPRESS)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS - DPRD Klungkung mendorong Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Klungkung mulai menerapkan Sekolah Inovasi Kelas Prestasi Olahraga (SIKPO) tahun ajaran baru di tahun ini. Hal tersebut untuk mempercepat siswa berprestasi dalam bidang olahraga mendapat pendidikan khusus. Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPRD Klungkung I Wayan Mardana ditemui Rabu (12/2).

“Dorongan itu sudah kami sampaikan saat rapat kerja (raker) dengan Disdik minggu lalu. Mereka siap,” ujar Mardana.

Dijelaskannya, sekolah inovasi ini diinisiasi DPRD Klungkung, disambut baik oleh pemerintah daerah, termasuk KONI Klungkung. Siswa berpretasi dalam bidang olahraga akan dijadikan dalam satu kelas. Selain diberikan pendidikan akademis, mereka juga mendapat tambahan non-akademis sesuai minat dan bakatnya. Untuk tahap awal, sekolah inovasi baru bisa diterapkan di tingkat SMP. Itu pun masih terbatas. Disdik menunjuk satu sekolah di masing-masing kecamatan. “Satu kelas dulu di sekolah yang ditunjuk. Penerimaannya melalui jalur prestasi,” kata Mardana.

Politikus Partai Golkar ini menegaskan, sekolah inovasi ini penting di Klungkung guna meningkat prestasi dalam bidang olahraga. Dia melihat, selama ini anak-anak berpotensi dalam olahraga tidak disiapkan dengan baik. Mereka tidak di-manage secara baik. “Sampai saat ini, prestasi Klungkung bidang olahraga sangat jauh,” tegasnya.

Bagaimana dengan sarana dan prasananya? Tahap awal akan dibekap KONI Klungkung. Baik peralatan maupun tenaga pelatih. Sebab pelatih yang membina harus bersertifikasi. Pemerintah belum menganggarkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, karena program itu dicetuskan setelah APBD 2020 disahkan.

Namun untuk ke depan, politikus asal Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung itu berharap, Disdik membuat perencanaan secara menyeluruh. Sehingga bisa dianggarkan oleh pemerintah. “Nanti gizi siswa bersangkutan juga harus diperhatikan,” ujar Mardana.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia