Selasa, 25 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Rai Warsa Minta Distan Gianyar Proaktif Tangani Virus Babi

14 Februari 2020, 22: 00: 52 WIB | editor : Nyoman Suarna

Rai Warsa Minta Distan Gianyar Proaktif Tangani Virus Babi

I Made Rai Warsa, Anggota DPRD Provinsi Bali (ISTIMEWA)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Kasus kematian babi secara massal dan mendadak terus berlanjut di Kabupaten Gianyar. Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Bali asal Kecamatan Payangan I Made Rai Warsa berharap Dinas Peternakan Gianyar dan instansi terkait proaktif menangani virus babi. Jangan sekadar meminta peternak mengubur ternaknya yang mati.

“Saya berharap dinas terkait harus rajin turun mendata babi peternak yang terkena virus. Turun harus dengan tim atau dinas terkait. Jangan biarkan peternak galau. Jangan biarkan peternak merana. Ayo temui mereka, jangan ditunda lagi. Sekarang momennya, menjelang hari raya Galungan dan Kuningan,” paparnya, Jumat (14/2).

Dalam kesempatan itu, dewan dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut menyampaikan, dinas terkait malah harus menghibur peternak yang sekarang dalam posisi sangat sulit. “Kalau memungkinkan, ada bantuan ke peternak,” saran anggota Komisi I DPRD Bali itu.

Saat virus menerpa peternak, lanjut anggota dewan dari Payangan, Gianyar ini, dinas terkait harus cepat mendata peternak di wilayah masing-masing, mengingat tidak semua orang memelihara babi. Sehingga dia rasa masih bisa terkaper untuk mengecek ke lapangan.

“Malah sekarang waktu yang tepat membantu peternak babi, menyambut hari raya Galungan. Karena hampir kebanyakan umat Hindu akan mengkonsumsi daging babi. Kalau dulu ada istilah mepatung. Memotong babi dan dagingnya dibagi secara adil,” tandas Rai Warsa.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia