Jumat, 03 Apr 2020
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis
OTOTIPS

Tujuh Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Helm

15 Februari 2020, 11: 18: 05 WIB | editor : I Putu Suyatra

Tujuh Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Helm

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

SELAIN performa sepeda motor yang yang tangguh, satu lagi komponen yang tidak boleh dilupakan ketika berkendara, taitu helm.  Selain untuk keselamatan berkendara,  helm juga berfungsi sebagai penunjang penampilan. 

Untuk itu, kebersihan helm harus tetap dijaga,  supaya pengguna tetap bisa merasa nyaman ketika mengenakan hel selama berkendara. Berikut ada tujuh tips untuk menjaga kebersihan helm dan menghidarkan helm dari bau tak sedap. Apa saja? 

1. Lepas dan bersihkan kaca dan busa helm. Cara pertama membersihkan helm yaitu dengan melepas visor atau kaca helm agar mudah dibersihkan. Pastikan helm kamu memiliki fitur remove padding atau busanya bisa dilepas. Lepas seluruh bagian busa tersebut hingga helm menjadi batok dengan gabus keras saja. Kalau busa helm tak bisa dilepas, jangan dipaksa.

2. Rendam busa dalam air sabun selama 30 menit. Setelah itu, sikat busa dengan hati-hati menggunakan sikat berukuran kecil sampai bersih.

3. Peras dan jemur saat matahari terik. Peras secara hati-hati dan jemur busa di bawah panas yang cukup supaya cepat kering. Perlu diperhatikan kalau keringnya lama, helm malah jadi bau apek, jadi cuci helm saat cuaca panas.

4. Cuci bagian luar helm dan gosok dengan wax pemoles, cuci bagian luar helm dengan air jernih, lalu keringkan. Setelah itu, gosok helm dengan menggunakan kain halus dan wax pemoles supaya kinclong dan mulus.

5. Bersihkan kaca helm, selanjutnya bersihkan kaca helm dengan kain halus dan semprotkan wax pemoles motor secara hati-hati supaya kaca helm tetap bening dan tidak tergores.

6. Pasang kembali semua bagian helm. Setelah busa kering, pasang kembali semua bagian helm secara tepat, hati-hati, jangan sampai ada bagian yang patah.

7. Semprotkan pewangi dan desinfektan. Terakhir, semprotkan wangi-wangian khusus yang berguna sebagai desinfektan atau pembunuh kuman penyebab bau tidak sedap serta jamur di bagian dalam helm.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia