Jumat, 03 Apr 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Rai Mantra-Jaya Negara Ucapkan Selamat Galungan dan Kuningan

16 Februari 2020, 22: 07: 21 WIB | editor : Nyoman Suarna

Rai Mantra-Jaya Negara Ucapkan Selamat Galungan dan Kuningan

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota IGN Jaya Negara (HUMAS PEMKOT DENPASAR FOR BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Hari Suci Galungan yang dimaknai sebagai kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (keburukan), yang jatuh setiap Budha Kliwon Wuku Dunggulan tahun ini berlangsung 19 Februari 2020. Sementara Hari Suci Kuningan jatuh pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan atau 29 Februari 2020. Serangkaian menyambut Hari Suci Galungan dan Kuningan, Pemkot Denpasar menggelar berbagai kegiatan, di antaranya pasar murah dan peningkatan pengawasan pemotongan hewan ternak.

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota IGN Jaya Negara di sela-sela kegiatan kemasyarakatan dan kepemerintahan, Kamis (13/2)  mengatakan, momentum ini hendaknya dijadikan masyarakat untuk senantiasa meningkatkan srada bhakti kehadapan Ida Shang Hyang Widi Wasa.

Lebih lanjut, Rai Mantra mengatakan, kemenangan dharma melawan adharma pada masa kini haruslah diterjemahkan sebagai upaya dan tekad untuk terus berkarya, meningkatkan kualitas kehidupan yang seimbang antara material dan spiritual. Sehingga mampu mencapai kebahagiaan dengan selalu berpijak kepada ajaran dharma (agama Hindu), seperti dharma, artha, kama, dan moksah.

Rai Mantra juga mengajak masyarakat untuk selalu mulat sarira serta mempererat tali persaudaraan dan tali silaturahmi antar masyarakat. Mulat sarira menjadi pesan dalam catatan perjalanan ke belakang, mengevaluasi langkah dalam mengamalkan ajaran dharma, baik dharmaning agama maupun dharmaning negara. Merencanakan kehidupan dalam memberikan manfaat di masa depan yang lebih baik, sejahtera dan damai.

“Jadikanlah spirit Hari Suci Galungan dan Kuningan ini menjadi modal pembangunan Kota Denpasar, melalui pijakan penguatan ajaran dharma ke masyarakat yang akan mampu menimbang langkah kehidupan ke arah yang lebih baik,” kata Rai Mantra.

Di tengah percepatan pembangunan Kota Denpasar di berbagai bidang dengan pijakan bersama dalam ajaran dharma, akan mampu membawa banyak harapan masyarakat dan pemerintah mengarahkan pembangunan Denpasar untuk kemanfaatan masyarakat yang berkelanjutan.

Rai Mantra dan Jaya Negara juga mengajak masyarakat Denpasar dalam memaknai kesucian Galungan dan Kuningan dengan selalu berpikir, berkata dan berbuat yang baik. Untuk itu, masyarakat diajak dapat memanfaatkan waktu, sehingga tidak mengurangi produktivitas dalam bekerja, dan dapat menjalankan swadarmanya masing-masing.

Jaya Negara menambahkan, momentum perayaan Hari Suci Galungan dan Kuningan ini, hendaknya dijadikan satu titik tolak untuk menjadikan masa depan yang lebih baik, lebih berkualitas dan mampu mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan bersama.

Dalam kesempatan itu, Walikota Rai Mantra dan Wakil Walikota Jaya Negara menyampaikan ucapan Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa Asung Kertha Wara Nugraha kepada umat sekalian dalam pengabdian sesuai dengan swadharma masing-masing. Seraya mengajak seluruh masyarakat Kota Denpasar merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan dengan penuh rasa bhakti, dan menjaga keamanan, serta ketertiban lingkungan masing-masing.

(bx/bay/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia