Jumat, 03 Apr 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Pimpin Jembrana, Artha-Kembang Bertumpu pada Enam Prioritas

16 Februari 2020, 23: 01: 11 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pimpin Jembrana, Artha-Kembang Bertumpu pada Enam Prioritas

PERIODE KEDUA: Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan. (HUMAS PEMKAB JEMBRANA FOR BALI EXPRESS)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS – Senin (17/2) kepemimpinan periode kedua Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan genap berusia 4 tahun. Dengan visi Peningkatan Kualitas SDM Unggul dan Berdaya Saing Dalam Rangka Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Menuju Masyarakat Jembrana Sejahtera telah banyak menorehkan hasil positif. Dalam menjalankan kebijakannya, kedua pimpinan daerah tetap bermuara pada tujuan mulia meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Melanjutkan periode kepemimpinannya, titik berat pembangunan tetap bertumpu pada enam prioritas, meliputi bidang pangan sandang papan, bidang kesehatan dan pendidikan, bidang adat agama dan budaya, bidang tenaga kerja dan jaminan sosial, bidang pariwisata serta pembangunan infrastruktur.

Untuk bidang sandang, pangan dan papan meliputi program pertanian berupa bantuan alat mesin pertanian/alsintan, bibit unggul, pupuk organik, dana talangan gabah. Perkebunan yakni kegiatan kakao lestari melalui bantuan bibit, pupuk hingga eksport hasil. Perikanan darat (Bimasena), Perikanan laut berupa bantuan mesin tempel dan Peternakan (gempita).

Di Bidang Kesehatan dan Pendidikan diwujudkan melalui pendirian Akademi Komunitas, Politeknik Kelautan, Pengembangan RSU serta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selanjutnya di bidang adat, agama dan kebudayaan seperti pembuatan Sirkuit Makepung untuk melestarikan kesenian mekepung, pembuatan Kebun Raya Jagatnatha sebagai sarana edukasi dan juga pelestatian tanaman endemik Jembrana serta tanaman untuk upacara, pegelaran event Jembrana Festival dan festival daya tarik lainnya secara reguler.

Untuk Bidang Tenaga Kerja dan Jaminan Sosial dimaksimalkan melalui Bursa Tenaga Kerja, penurunan pengangguran terbuka, bantuan pada penyandang sosial, santunan kematian dan bantuan penunggu pasien. Selanjutnya bidang pariwisata melalui peresmian Anjungan Cerdas di Rambut Siwi, Kebun Raya Jagatnatha, Anjungan Cerdas Konservasi dan daya tarik wisata Teluk Gilimanuk.

Di sisi Pembangunan Infrastruktur didukung dengan Rest Area Pengeragoan, Anjungan Cerdas Rambut Siwi, Terminal Negara di Baluk, Terminal Barang dan fasilitas parkir di Gilimanuk, Perluasan TPA Peh, Penataan medium jalan pintu masuk Gilimanuk, Jalan Usaha Tani dan jaringan irigasi serta pembangunan embung.

Sejumlah penghargaan juga telah diraih Pemkab Jembrana seperti penghargaan tata ruang kabupaten/kota oleh kementerian Agraria dan Tata Ruang. Anugerah Revolusi Mental 2019 (kategori koperasi) Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, kepada Koperasi Kerta Samaya. Kabupaten Peduli HAM tahun 2019 Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan tahun ini merupakan kali ketiga diraih secara berturut-turut. Penghargaan dari Kementerian sosial sebagai kabupaten dengan pelaporan verifikasi PKH terbaik. Penghargaan Nasional  Swasti Saba Padapa sebagai Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019 yang diserahkan Menteri Dalam Negeri  RI, Tito Karnavian. Penghargaan Kabupaten Layak Pemuda Kategori Madya dari Menpora Zainudin Amali. Penghargaan diserahkan pada acara Malam Anugerah Kepemudaan 2019 di Jakarta. Penghargaan dari  kementerian keuangan RI atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut – turut. Atas torehan prestasi itu, Jembrana juga diberikan penghargaan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan RI.

Sementara itu berbagai kegiatan telah disiapkan pada peringatan empat tahun kepemimpinan di periode kedua, Senin pagi (. Diawali dengan kegiatan jalan santai melibatkan segenap komponen masyarakat Jembrana. Acara ini juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize, pesta nasi jinggo, gemar makan ikan, dan ditambah tampilan berbagai stand kuliner dari Dinas Koperindag Jembrana. Usai jalan santai, Bupati Artha dan Wabup Kembang dijadwalkan melakukan Peresmian GOR Negara di Desa Baluk , tepatnya disebelah SMKN 2 Negara. Dilanjutkan malamnya akan diisi acara hiburan dengan sederet pengisi acara yang sudah disiapkan untuk menghibur warga Jembrana. Di antaranya lawak Ketekung Buntut, Bondres Celekontong Mas, Agus Veron, Mr Rayen, Di Ubud Band, serta musisi Jembrana yang tengah naik daun Made Gimbal.

(bx/tor/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia