Jumat, 03 Apr 2020
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

Top! Motor Garapan Kedux Garage akan Unjuk Gigi di USA

20 Februari 2020, 20: 13: 59 WIB | editor : I Putu Suyatra

Top! Motor Garapan Kedux Garage akan Unjuk Gigi di USA

GO INTERNATIONAL: Bengkel Kedux Garagae di Jalan Nangka Selatan, Denpasar. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Keinginan pelaku seni memang tak kenal batas untuk mewujudkan suatu ide. Seperti halnya Nyoman Gede Sentana Putra alias Kedux. Tidak puas hanya bermain-main dengan cat dan painstripe, Kedux mencoba hal baru. Yakni membuat motor karya sendiri. Dan akhirnya membuat brand Kedux Garage. Bahkan, tahun ini motor garapan Kedux pun kembali ikut serta dalam ajang kontes di USA.

Kedux Garage berawal di tahun 2007. Kedux memulainya dengan melukis pinstripe. Lalu dengan modal nekat ia memberanikan diri meminjam modal untuk membuat motor. Yang unik dari pembuatan motor Kedux yakni dibentuk secara emosional. Kedux tak memiliki latar belakang teknik mesin atau pengetahun tentang motor. Ia hanya belajar dari majalah motor. Semua dilakoninya karena hobi dan suka motor. “Awalnya sih dari hobi aja. Lama-lama ingin juga buat motor karya sendiri. saya bukan anak motor. Dalam artian yang paham sekali tentang motor. Cuma suka aja. Eh, keterusan. Ya beginilah jadinya,” kata kedux sambil menunjuk salah satu motor dihadapannya kepada koran Bali Express.

Meskipun motor unik dan antik garapannya sudah go international, namun Kedux tidak mematok harga yang terlalu tinggi. Customernya pun lebih banyak dikalangan domestik. “Ya baru domestik saja. Bule-bule itu sedikit. Maklum baru belajar. Gak apa-apa dipasarkan di dalam negeri. Yang penting karya sendiri,” ujar Kedux dengan santai.

Dalam satu tahun, Kedux menargetkan garapan hingga dua motor saja. Tentu waktu ini lumayan lama. Sebab Kedux tak ingin gegabah dalam mengerjakan motor pesanan pelanggan. “Lama ya? Ya, memang. Karena saya tidak mau memberikan hasil yang jelek. Ini spesial. Kalau custom kan Cuma ada satu di dunia. Gak ada lagi yang bisa buat. Kecuali saya buat lebih dan sama. Tapi tetap saja jadi limited edition,” tuturnya.

Banyak modifikasi motor yang dilakukan Kedux Garage seperti Japstyle, Chopper, Caferacer hingga Harley Davidson. Untuk saat ini ia lebih fokus pada style Traditional Chopper. Sebab, pengerjaannya lebih mudah. Aksen tradisionalnya pun pas. Selain untuk berkendara, motor-motor yang dibangun olehnya digunakan dalam ajang kontes serta pameran. Sederet penghargaan telah ia terima. Mulai dari nasional hingga internasional. Sebut saja dalam kontes Kustomfest tahun 2019 di Yogyakarta. Berhasil mencatatkan namanya di kancah nasional, Kedux berangkat sebagai perwakilan Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam rangkaian acara 26th Yokohama Hot Road Custom Show di Pacifico, Yokohama, Jepang. Tahun ini motor garapan Kedux pun kembali ikut serta dalam ajang kontes di USA.

Selain motor, Kedux juga memproduksi merchandise dengan nama clothing NK13 yang sudah dikenal di Amerika, California dan Jepang. (dhi)

(bx/bay/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia