Jumat, 03 Apr 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Distan Denpasar Siapkan 9.000 Vaksin Gratis, Cegah Rabies

24 Februari 2020, 23: 10: 22 WIB | editor : Nyoman Suarna

Distan Denpasar Siapkan 9.000 Vaksin Gratis, Cegah Rabies

GRATIS: Proses vaksinasi anjing untuk mencegah rabies di Distan Kota Denpasar. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Dinas Pertanian Kota Denpasar menyiapkan sebanyak sembilan ribu vaksin pada tahun 2020. Vaksin tersebut disiapkan untuk sterilisasi anjing peliharaan dan anjing liar untuk mencegah rabies. Meskipun Denpasar dinyatakan zero rabies, upaya antisipasi harus tetap dilakukan.  Vaksinasi ini dilaksanakan tersebar di empat kecamatan yang ada di Kota Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan serangkaian HUT Kota Denpasar ke-232 yang digelar tanggal 24 hingga 27 Februari 2020. Selain melakukan vaksin, juga dilakukan kastrasi untuk mencegah perkembangbiakan anjing. Hal ini pun dilakukan secara gratis.

Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra, Senin (24/2) mengatakan, dalam sehari pihaknya menargetkan melakukan penanganan terhadap 30 anjing. "Banyak anjing liar yang ikut divaksin oleh petugas. Bukan yang dibawa atau dipelihara warga saja," katanya.

Kegiatan vaksinasi dan kastrasi ini dilakukan selama empat hari. Pada pelaksanaan hari pertama ini, pihaknya melakukan vaksinasi dan sterilisasi terhadap 4 anjing liar. Yang sudah divaksin dan disterilisasi ini akan dilepaskan kembali ke habitatnya ataupun diadopsi jika ada yang berkeinginan mengadopsi.

Sementara tahun 2019 ini, Dinas Pertanian Kota Denpasar, telah melakukan vaksinasi terhadap 73.587 hewan yang berada di Kota Denpasar. Selain vaksinasi juga ada pemberian edukasi tentang kesehatan hewan kepada masyarakat.
 Untuk vaksinasi yang dilaksanakan serentak menyasar anjing, kucing dan kera. 
"Program ini akan terus kami lakukan sebagai langkah preventif untuk menanggulangi adanya kasus rabies di Kota Denpasar," katanya.

(bx/bay/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia