Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Bali Under The Moon
icon featured
Bali Under The Moon

Dek Ulik Target Rilis Single Tiap Dua Bulan

07 Maret 2020, 19: 28: 10 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dek Ulik Target Rilis Single Tiap Dua Bulan

TERBAIK : Dek Ulik (kiri) raih penghargaan AMB 2020 untuk kategori Lagu Berbahasa Bali Terbaik lewat lagu ‘Bedak Uling Bangli’. (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Lagu berbahasa Bali, 'Bedak Uling Bangli' mendapat apresiasi khusus di  ajang Anugerah Musik Bali (AMB). Lagu yang dinyanyikan Dek Ulik ini, sabet  penghargaan AMB 2020 untuk kategori Lagu Berbahasa Bali Terbaik.


Dek Ulik, wanita cantik kelahiran Gianyar, 11 Januari 1984 ini, tentu sudah dikenal masyarakat Bali lewat lagu-lagu berbahasa Balinya, seperti lagu 'Somahe Bebotoh', 'Lebian Gaya', dan 'Tresna Kanti Pawah'. Kini penyanyi  yang bernama lengkap Ni Made Suastini ini, namanya kembali mencuat lewat lagu 'Bedak Uling Bangli'.  "Yang pasti lagu 'Bedak Uling Bangli’ ini mengajarkan banyak hal tentang bahasa Bali," ujarnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group) pekan kemarin di Denpasar.


"Lagu ‘Bedak Uling Bangli’ ini sarat dengan edukasi soal bahasa Bali, misalnya tentang pantun berbahasa Bali, yang dalam bahasa Bali  disebut paparikan, wawangsalan, dan  mungkin belum banyak  generasi muda yang tau," tambah Dek Ulik. Ia juga mengatakan, bahwa lagu ini dapat mengajarkan bagaimana berbahasa Bali yang halus, yang sopan, tapi tetap dalam tema lagu cinta.
Dek Ulik mengaku tidak ada kesulitan yang berarti, meski  ada sedikit tantangan dalam membuat video klipnya.


Dikatakannya, dalam pembuatan musik perlu ada proses pengulangan. "Proses pembuatan musiknya yang mungkin harus diulang dan ada yang kurang, dan mungkin vokalnya yang harus dinaik-turunkan, udah biasa sih itu dalam proses rekaman," ceritanya.


Diakuinya, yang lebih susah  sebenernya dalam proses pembuatan video klip, karena  harus menyesuaikan dengan lagu, tema, kostum dan lainnya.


" Proses itu yang lebih ribet  menurut saya, kalau untuk rekaman gak ada kesulitan yang berarti ," tambahnya.


Saat ditanya tentang penghargaan AMB, Dek Ulik merasa karyanya diapresiasi, "Sudah pasti senang, bahagia karena usaha dan kerja keras selama ini diapresiasi oleh penyenggara AMB dengan dipilihnya ‘Bedak Uling Bangli’ sebagai lagu Berbahasa Bali Terbaik," ujarnya.


Bagi Dek Ulik, penghargaan ini merupakan bonus dari kerja kerasnya dan juga pemicu semangatnya untuk berkarya. "Menurut saya, jika sudah mendapat penghargaan, itu merupakan penyemangat, kemudian tanggung jawab yang besar, bagaimana caranya kita bisa berkarya lebih baik lagi dari tahun ke tahun," ujarnya.


Wanita yang sudah berkecimpung dalam dunia musik sejak tahun 2000 ini, juga mengapresiasi perkembangan musik Bali.  Menurutnya, saat ini musik Bali berkembang dan memiliki banyak genre musik.


"Perkembangan musik Bali saat ini sangat bagus, kalau dilihat dari gendre musiknya itu sudah ada bermacam-macam, jadi banyak pilihan. Kalau dahulu mungkin masih terbatas, sekarang sudah ada genre dangdut, ada jazz, ada reggae, ada rock, pokoknya macem-macem ," ujar Dek Ulik yang menarget tiap dua bulan rilis single. "Rencananya nanti kalau sudah keluar banyak, single itu akan kami kumpulkan dan kami rangkum menjadi sebuah album," tambahnya. (ran)

(bx/rin/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news