Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Enjoy Bali
icon featured
Enjoy Bali

Alam Pedesaan Sidemen Jadi Favorit Wisatawan Mandiri

17 Maret 2020, 08: 25: 01 WIB | editor : I Putu Suyatra

Alam Pedesaan Sidemen Jadi Favorit Wisatawan Mandiri

MANDIRI: Wisatawan mandiri menyukai alam Desa Sidemen karena panorama alamnya yang indah dan alami. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDEMEN, BALI EXPRESS - Tren wisata yang dilakukan  pelancong yang datang ke Bali adalah mengeksplorasi keindahan alam yang ada. Salah satu caranya  dengan melakukan wisata secara mandiri.

Salah satu destinasi wisata yang populer dan sangat diminati  pelancong mandiri  adalah kawasan Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen,Karangasem.  Penyuka wisata alam, Agung Seri, mengatakan, kawasan Sidemen menjadi salah satu destinasi favorit karena sepanjang jalan menuju Desa Sidemen yang diakses dari Desa Pasekbali,  Klungkung, pelancong  dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah. "Alamnya kombinasi antara areal persawahan terasering dengan kawasan perbukitan yang hijau dan panorama Gunung Agung di sisi utaranya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," papar wanita asal Denpasar ini, ketika ditemui Bali Express ( Jawa Pos Group ) di Sidemen beberapa waktu lalu.


Dikatakannya, bagi yang ingin mengambil foto, di sepanjang jalan  menuju Desa Sidemen terdapat banyak spot indah untuk foto, mulai dari Banjar Lebu, tanjakan Talibeng, Desa Kebon hingga di kawasan Iseh.

Jika ingin rehat sejenak untuk minum atau makan, wisatawan tidak perlu khawatir,  karena di sepanjang jalan terdapat banyak sekali warung yang menyediakan beragam jenis menu makanan.  Mulai dari makanan tradisional, hingga menu makanan cepat saji.

Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan sebaiknya melakukan perjalanan  menggunakan sepeda motor. Selain lebih nyaman,  menggunakan sepeda motor,  pelancong bisa menikmati pemandangan secara langsung lebih dekat.

Tak hanya jadi favorit wisatawan domestik, Desa Sidemen juga menjadi favorit  wisatawan asing, khususnya asal Eropa. Putu Prima, owner sebuah vila di Desa Iseh, Sidemen, mengatakan, wisatawn Eropa yang datang ke Desa Sidemen untuk berlibur setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan ketika datang ke Desa Sidemen, salah satunya adalah Village Treking. "Wisatawan akan kami ajak untuk mengenal kondisi riil kehidupann masyarakat desa, tanpa adanya aktraksi buatan, salah satunya aktivitas wisata agraris. Mereka akan kami ajak melihat aktivitas bertani masyarakat sesuai dengan musimnya," paparnya.
Selain itu, lanjut Prima, wisatawan  juga diajak  melihat aktivitas keagamaan atau adat yang sedang berlangsung.

Jika tidak ingin treking, pemilik akomodasi wisata yang ada di kawasan Sidemen juga menyedikan beragam aktivitas wisata lainnya. Mulai dari bersepeda, yoga, hingga aktivitas wisata di dalam areal vila,  seperti spa dan lainnya.

"Untuk paket bersepeda, rutenya kami sesuaikan dengan permintaan wisatawan," tambahnya. 

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news