Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

KPU Karangasem Putuskan Pelantikan PPS Dipecah Tiap Kecamatan

20 Maret 2020, 09: 47: 38 WIB | editor : I Putu Suyatra

KPU Karangasem Putuskan Pelantikan PPS Dipecah Tiap Kecamatan

Ketua KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – KPU Karangasem memang tak bisa menghentikan semua kegiatan tahapan Pilkada Serentak 2020 di Karangasem. Meskipun sejumlah imbauan untuk meniadakan sementara kegiatan melibatkan banyak orang, telah dikeluarkan pemerintah.

Seperti pelantikan 234 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 78 desa/kelurahan, yang direncanakan berlangsung Minggu (20/3) mendatang. KPU Karangasem pun tetap melaksanakan upacara pelantikan tersebut. Namun acara akan digelar di masing-masing kecamatan.

Hal tersebut juga selaras dengan Keputusan KPU Nomor 4 Tahun 2020, tentang Arahan Menyikapi Merebaknya Covid-19 atau korona. “Ada juga siaran pers KPU RI, bahwa tidak ada penundaan tahapan, sehingga pelantikan PPS tetap digelar,” kata Ketua KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana, Kamis (19/3) kemarin.

Namun pelantikan yang dilakukan secara serentak di delapan kecamatan, masing-masing komisioner KPU akan dipecah. Mereka ditugaskan ke tiap kecamatan untuk melantik PPS. “Kami bagi tugas untuk melakukan pelantikan,” sebut komisioner bertubuh tambun itu.

Menurutnya pembatasan kegiatan yang mengundang banyak orang, bukan berarti KPU daerah harus menunda semua tahapan penyelenggaraan Pilkada. Apalagi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem akan berlangsung dalam hitungan beberapa bulan lagi.

Meski begitu KPU Karangasem tetap menerapkan upaya mitigasi korona di setiap kegiatan. Pelantikan PPS digelar tanpa mengundang tamu. Dengan begitu, upaya pencegahan penyebaran virus yang diharapkan pemerintah bisa berjalan baik. “Yang kami undang hanya intern saja. Di luar itu akan kami sampaikan permakluman,” ujarnya.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news