Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis
OTOTIPS

Lima Kebiasaan yang Bikin Bensin Boros

21 Maret 2020, 18: 54: 08 WIB | editor : I Putu Suyatra

Lima Kebiasaan yang Bikin Bensin Boros

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

MENGENDARAI sepeda motor menjadi salah satu moda transportasi yang efektif digunakan. Terlebih di daerah yang lalu lintasnya padat. Seiring dengan kemajuan teknologi,  maka sepeda motor yang diciptakan sudah dilengkapi dengan teknologi untuk menghemat bahan bakar.  Namun jika dalam mengendarai sepeda motor,  konsumsi bahan bakar masih boros, maka perlu dicek, apa saja kebiasaan yang membuat boros bahan bakar. 

1. Modifikasi, terkadang pemilik motor melakukan beberapa ubahan modifikasi untuk motornya. Seringkali kita melihat pengendara mengganti bagian knalpot menjadi knalpot racing. Tentunya ubahan ini membuat motor menjadi lebih boros. 

2. Menarik gas secara spontan. Menarik gas secara spontan akan mengakibatkan bukaan katup bahan menjadi semakin sering, sehingga bahan bakar yang dibakar oleh mesin akan semakin boros.

3. Ban yang kurang udara. Ternyata ban yang kurang angin mengakibatkan motor menjadi boros lho! Hal ini disebabkan karena area pijak ban menjadi lebih lebar dan luas sehingga membuat tarikan lebih berat. Dengan begitu, beban mesin juga menjadi semakin berat dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

4. Beban berlebih. Semakin berat beban pada sepeda motor, semakin berat pula kinerja mesin untuk mengejar torsi. Pastikan beban yang dibebankan pada sepeda motor kamu tidak meleibihi kapasitas motor.

5. Pengereman yang kurang tepat. Pada kecepatan tinggi, hal ini menjadi sangat berpengaruh karena ternyata pada saat pengereman mendadak, mesin bekerja untuk menahan torsi yang sudah besar untuk berhenti. Hal tersebut menyebabkan bahan bakar menjadi terbuang secara sia-sia.

 

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news