Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese

Cegah Covid-19, Melasti Maksimal 25 Orang

23 Maret 2020, 15: 51: 25 WIB | editor : I Putu Suyatra

Cegah Covid-19, Melasti Maksimal 25 Orang

ANTISIPASI: Prosesi Melasti di Pantai Padanggalak Minggu (22/3). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Pelaksanaan pamelastian yang nampak di Pantai Padanggalak Minggu (22/3) tak seperti biasanya. Melasti yang biasanya dihadiri ribuan orang kini nampak sedikit lengang. Hanya terlihat para pemangku dan perwakilan prajuru adat dari masing-masing desa adat. Jumlahnya pun tak lebih dari 25 orang masing-masing desa. Meskipun diikuti oleh sedikit pemedek, namun tak mengurangi makna pamelastian tersebut. prosesi tetap dilakukan seperti biasa. Hanya saja tak ada yang mengusung pratima maupun pralingga ke pantai.

Bendesa Desa Adat Peguyangan Jro I Ketut Sutama menjelaskan, desa adat Peguyangan hanya melibatkan 20 orang saja untuk ikut melasti. "Kami di desa adat dalam rangkaian hari raya Nyepi tahun ini dengan situasi siaga bencana Covid-19 mengikuti imbauan dari pemerintah untuk sedikit berkumpul, desa adat krama desa menjaga keselamatan kita bersama," katanya.

Jro Sutama menambahkan, pada tahun-tahun sebelumnya warganya yang ikut melasti capai 5000 orang lebih. Namun kini hanya 20 orang saja. "Kalau dulu masanya di desa adat Peguyangan banyak karena ada dua yakni Kelurahan Pegunyanhan dan Desa Peguyangan Kaja jumlah KK sudah lebih 2000 KK sehingga yang hadir lebih dari 5000-an orang," katanya.

(bx/dhi/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news