Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Tingkatkan Imun Tubuh, UNHI Ciptakan Teh Daun Pepaya

23 Maret 2020, 19: 44: 56 WIB | editor : Nyoman Suarna

Tingkatkan Imun Tubuh, UNHI Ciptakan Teh Daun Pepaya

THE PEPAYA : The herbal terbuat dari daun papaya yang dibuat UNHI Denpasar. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Guna meningkatkan imun tubuh dan ketahanan tubuh, Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar menciptakan minuman herbal berupa daun pepaya. Minuman ini dikemas dalam bentuk the, baik celup maupun seduh. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, teh daun pepaya ini juga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Produk herbal ini diproduksi oleh Inkubator Bisnis (Inbis). Teh daun pepaya yang saat ini tengah dikembangkan itu terdiri dari bahan-bahan herbal seperti daun pepaya, daun meniran, daun piduh dan gula tebu murni. Produk herbal ini juga aman dikonsumsi oleh orang dewasa. Bagi yang menderita sakit seperti maag atau asam lambung, dapat mengkonsumsi teh ini dengan dosis yang rendah.

Rektor UNHI I Made Damriyasa menegaskan, teh herbal ini dibuat bukan untuk mencegah virus Corona. Namun, teh ini dikembangkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. "Sekali lagi teh ini bukan untuk mencegah Korona. Tapi teh ini untuk mencegah virus dan bakteri penyebab penyakit supaya tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Selain itu juga sebagai antioksidan, baik untuk pencernaan, anti virus dan baik untuk pernafasan (paru-paru)," tegasnya Senin (23/3).

Rektor Damri menjelaskan, bahan-bahan herbal yang digunakan ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat memecah rantai protein keras yang terdapat pada daging merah. Selain bisa dipakai sebagai trik untuk mengempukkan daging, enzim yang terkandung dalam daun pepaya ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah perut kembung. Daun meniran mengandung filantin, hipofilantin, kalium, damar dan tanin. Filantin dan hipofilantin dipercaya berkhasiat melindungi sel hati dari zat toksik (hepatoprotektor).  Meniran (Phyllanthus niruri ) memiliki khasiat sebagai obat antivirus. Selanjutnya untuk daun piduh mengandung anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Daun pegagan dapat meningkatkan kecerdasan otak, karena salah satu khasiat pegagan yaitu dapat mengingkatkan daya ingat. Itulah yang menyebabkan dapat meningkatkan kecerdasan otak. "Sangat banyak kandungan-kandungan yang baik bagi tubuh dan otak. Namun ini tidak bisa berdiri sendiri. Harus dibarengi dengan olahraga yang rutin, pola makan yang baik dan hidup yang bersih," jelasnya.

Penemu minuman herbal dari Griya Sehat Ayur Wedha UNHI, Nyoman Sridana mengatakan, minuman ini dikonsumsi sebelum makan, 3 x sehari. "Efeknya dapat dirasakan setelah 2 hari mengkonsumsi minuman ini. Semua kalangan dapat mengkonsumsi dengan aman," ujarnya.

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news