Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

KPU Karangasem Tunda Tiga Tahapan Pilkada Serentak

24 Maret 2020, 08: 40: 35 WIB | editor : I Putu Suyatra

KPU Karangasem Tunda Tiga Tahapan Pilkada Serentak

I Gede Krisna Adi Widana, Ketua KPU Karangasem (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Keluarnya Surat Edaran KPU RI terkait penundaan tahapan Pilkada Serentak 2020 di kabupaten/kota dan provinsi berimbas ke Karangasem. KPU Karangasem pun akhirnya mengambil kebijakan untuk menunda sementara tiga tahapan Pilkada.

Tahapan yang ditunda, diantaranya penundaan masa kerja PPS, penundaan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan, serta tahapan pemutakhiran data pemilih. Bahkan KPU Karangasem masih belum tahu sampai kapan akan ditunda. Mereka saat ini menjalankan instruksi dari pusat sembari menunggu kondisi dan arahan terbaru.

Ketua KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana mengatakan, KPU pusat mengeluarkan surat edaran terkait penundaan tahapan Pilkada Serentak 2020. Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi dasar penundaan dan sudah tertuang dalam Keputusan Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 dan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Keputusan KPU tersebut.

“Sesuai jadwal, masa kerja PPS sudah dilantik 22 Maret 2020. Demikian halnya dengan verifikasi faktual calon perseorangan yang sudah dilaksanakan mulai dari tingkat desa serta pemutakhiran data pemilih. Harusnya sudah dimulai 26 Maret mendatang,” kata Krisna.

Gede Krisna Adi Widana mengatakan, tahapan pelaksanaan Pilkada selalu berhubungan dengan masyarakat banyak. Sementara saat ini pandemi korona kian mengkhawatirkan. Pemerintah pun membatasi masyarakat agar tidak menggelar kegiatan yang bersifat mengundang keramaian maupun adanya interaksi. “Setelah pleno, kami membuat Salinan Keputusan (SK) yang nantinya akan diberikan kepada pemkab dan kepolisian,” sebutnya.

Krisna mengakui, penundaan tiga tahapan Pilkada ini bakal berdampak terhadap tahapan Pilkada lainya. Tapi dia menegaskan, nanti akan ada penyesuaian dari KPU RI. “Sampai kapan ditunda tahapannya, kami belum ada kepastian. KPU Kabupaten Karangasem masih menunggu regulasi dari KPU RI,” pungkasnya.

Untuk diketahui, surat yang dikeluarkan KPU pusat mengatur ruang lingkup penundaan tahapan dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Meliputi pelantikan dan masa kerja panitia pemungutan suara (PPS), verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit), serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Bagi KPU kabupaten dan kota yang telah siap melantik PPS atau daerah tersebut dinyatakan belum terdampak Covid-19, maka pelantikan PPS dapat terus dilanjutkan. Ketentuan masa kerja juga akan diatur kemudian hari.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news