Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese

Jaga Malam Saat Nyepi, Pecalang Kota Tabanan Dipatok Ular

26 Maret 2020, 15: 22: 00 WIB | editor : I Putu Suyatra

Jaga Malam Saat Nyepi, Pecalang Kota Tabanan Dipatok Ular

DIPATOK: Bendesa Adat Kota Tabanan saat menjenguk Pecalang yang dipatok ular, Rabu malam (25/3). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Seorang Pecalang Desa Adat Kota Tabanan dipatuk ular saat menjalankan tugas pengamanan Hari Raya Nyepi, Rabu malam (25/3). Beruntung pecalang tersebut segera mendapatkan pertolongan dan dilarikan ke IGD BRSU Tabanan.

Hal itu pun dibenarkan oleh Bendesa Adat Kota Tabanan, I Gusti Gede Ngurah Siwa Genta yang dikonfirmasi Kamis (26/3). Dirinya menuturkan bahwa salah seorang Pecalang Desa Adat Kota Tabanan yang bernama I Gusti Agung Komang Adnyamerta, asal Banjar Taman, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, dipatok ular saat sedang melakukan jaga malam Hari Raya Nyepi, sekitar pukul 23.00 Wita."Untuk menjaga kondusifitas Hari Raya Nyepi maka sudah barang tentu ada Pecalang yang berjaga. Nah saat yang bersangkutan bertugas di Bypass Ir. Soekarno atau di simpang empat traffic light Yeh Gangga mungkin tidak kelihatan ada ular dan mematok kaki kiri yang bersangkutan," ungkapnya.

Atas kondisi itu korban kemudian dilarikan ke IGD BRSU Tabanan untuk mendapatkan pertolongan. Sedangkan ular jenis ular hijau atau ular gadung (Ahaetulla prasina) itu berhasil dibunuh dilokasi. "Saya juga sudah menjenguk korban dan kondisinya sudah membaik," imbuhnya.

Karena korban mengalami musibah saat menjalan tugas maka seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh pihak Desa Adat Kota Tabanan. "Biar tidak jadi beban bagi korban maka biaya pengobatan Desa Adat Kota Tabanan yang menanggung karena mengalami musibah dalam kondisi bertugas sebagai Pecalang," tandasnya.

Sementara itu Direktur BRSU Tabanan, dr. I Nyoman Susila mengatakan bahwa pecalang yang dipatok ular tersebut kini dirawat di ruang Bougenville BRSU Tabanan dan kondisinya sudah stabil. "Pasien dipatok ular pada bagian kaki kiri dan saat ini kondisinya sudah membaik," tegasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news