Selasa, 07 Apr 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Ngembak Geni, Ruas Jalan di Karangasem Lengang

26 Maret 2020, 15: 56: 10 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ngembak Geni, Ruas Jalan di Karangasem Lengang

SEPI: Jalan Jenderal Sudirman Kota Amlapura, Karangasem tidak seperti biasanya, lengang, Kamis (26/3). (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Imbauan Gubernur Bali kepada masyarakat agar tetap beraktivitas di rumah sehari setelah Nyepi, tampaknya efektif. Di Karangasem, pemerintah setempat juga mengeluarkan surat imbauan serupa. Hasilnya imbauan itu berjalan tertib.

Jalan lintas kabupaten di Karangasem nampak lengang saat Ngembak Geni, Kamis (26/3). Sejumlah titik telah dijaga para prajuru adat dan Pecalang, bersinergi dengan aparat Kepolisian dan TNI sejak pagi.

Beberapa objek wisata di Gumi Lahar juga sebenarnya sudah ditutup sementara sejak beberapa hari lalu. Ini memastikan masyarakat yang biasa melancong saat Ngembak Geni tidak dapat berwisata. Apalagi pemerintah mengimbau masyarakat tidak bepergian di luar rumah. 

Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid-19 di Karangasem Ida Ketut Arimbawa sebelumnya menegaskan, imbauan tersebut jaga dikeluarkan oleh pihaknya dalam hal bantuan penutupan arus lalu lintas kepada Polres, Dandim, Dinas Perhubungan dan instansi terkait di Karangasem. Surat tersebut juga diteruskan ke Majelis Desa Adat dan Bendesa Adat di Karangasem.

"Harapannya demikian seperti Nyepi tidak bepergian. Makanya ditujukan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem. Penjagaan di semua perbatasan," kata Arimbawa, Kamis (26/3).

Namun imbauan itu tidak bersifat kaku, terutama begi kepentingan medis atau kesehatan, keamanan, dan hal-hal yang mendesak lainnya. "Bisa kita pahami imbauan dikecualikan bagi tenaga medis, Polri, TNI, ASN, aparat desa dan adat, atau hal-hal yang sifatnya darurat atau mendesak," tegas birokrat yang saat ini menjabat Kepala Pelaksana BPBD Karangasem itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karangasem Ida Bagus Putu Suastika menambahkan, arus lalu lintas tidak ditutup untuk kepentingan mendesak. Contohnya pendistribusian logistik lintas kabupaten dan provinsi. Makanya beberapa kendaraan bermuatan besar terlihat lalu-lalang di Karangasem.

Begitu juga masyarakat yang hendak pulang ke rumah setiba dari luar daerah maupun sebaliknya. "Yang baru tiba di Bali tiba di pelabuhan itu ada pengecualian. Petugas pasti akan bertanya nanti, tinggal masyarakat menjelaskan saja ke petugas. Yang kita perhatikan tentu yang berkeliaran tidak jelas di jalan saja," tegas Suastika.

Pantauan Bali Express (Jawa Pos Group), sejumlah ruas jalan sepi dari aktivitas warga maupun lalu-lalang kendaraan. Aparat gabungan juga siaga berjaga di setiap perbatasan antar kabupaten dan desa-desa. Jalan protokol perkotaan seperti Jalan Gajah Mada, Jenderal Sudirman, Ahmad Yani, dan lain-lain sepi. 

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news