Kamis, 04 Jun 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Bentuk Solidaritas, BRSU Tabanan Terima Sumbangan APD hingga Makanan

02 April 2020, 16: 42: 49 WIB | editor : I Putu Suyatra

Bentuk Solidaritas, BRSU Tabanan Terima Sumbangan APD hingga Makanan

DONASI: Sidhakarya Fondation pimpinan dr. I Gusti Ngurah Putera Eka Santhosa menyalurkan bantuan ke BRSU Tabanan, Kamis (2/4). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Bertambahnya pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19 membuat stok Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan disejumlah rumah sakit terus menipis. Namun stok APD kesehatan malah langka dipasaran. Bahkan tenaga medis terpaksa menggunakan jas hujan untuk mengakalinya.

Dengan kondisi tersebut maka tak heran jika banyak tenaga medis yang mengeluh. Beruntung tak sedikit warga yang masih memiliki rasa solidaritas dan menggalang dana untuk membeli APD kesehatan dan disalurkan ke sejumlah rumah sakit. Tak hanya APD kesehatan, pengusaha makanan juga memberikan donasi berupa makanan untuk para tenaga medis sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya dalam penanganan Covid-19.

Direktur BRSU Tabanan, dr. I Nyoman Susila mengatakan bahwa BRSU Tabanan memang menerima sumbangan dari beberapa pihak mulai dari APD hingga makanan. "Sumbangan mulai berdatangan sejak tanggal 23 Maret 2020 sampai sekarang," ujarnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah menyumbang ke BRSU Tabanan. 

Salah satu donatur yang menyumbang adalah Sidhakarya Fondation dibawah pimpinan dr. I Gusti Ngurah Putera Eka Santhosa yang menyalurkan bantuan dari donatur berupa Sarung Tangan, Face Shield, Mbon Mponan dalam bentuk Herbal Taru Pramana, Kamis (2/4) didampingi salah seorang politisi Tabanan, Adi Putera Negara.

"Kita juga mendonasikan Healty Chocolate dari POD dan Sidhakarya i-spray sebagai natural desinfectan untuk melindungi masker dari virus. Sehingga menjawab permasalahan langkanya masker, disiasati dengan menyemprotkan i-spray ke bagian dalam masker," ujar pria yang akrab disapa dr. Ngurah tersebut.

Menurutnya gagasan untuk menggalang dana dan menyalutkan sumbangan muncul dari langkanya APD di pasar, hal ini diakibatkan oleh panic buying sebagai reaksi berlebihan masyarakat. "Dan yang kedua, aksi ini sebagai solidaritas dan dukungan moral kepada kawan kawan yang bersentuhan langsung penderita Covid-19," imbuhnya.

Bantuan yang didapat dari berbagai sumber tersebut tak hanya disalurkan ke BRSU Tabanan dan Dinas Kesehatan Tabanan namun juga telah disalurkan ke RS Bali Mandara, dan RSUD Klungkung. "Dan rencananya akan berlanjut di fasilitas kesehatan lain di seluruh Bali," sambungnya.

Menurutnya pihak BRSU Tabanan dan Kadiskes Tabanan mengapresiasi bantuan tersebut terlebih dengan adanya Sidhakarya i-spray menjawab kekhawatiran warga terhadap langkanya masker medis. "Sehingga masyarakat yang menggunakan masker non medis dapat memanfaatkan spray yang terbuat dari tanaman herbal ini sebagai perlindungan," tandasnya dokter sekaligus penulis tersebut. 

Selain itu sumbangan APD kesehatan dan masker juga datang dari donatur lain mulai dari artis nasional, selebgram, dan masyarakat umum. Setiap harinya ada saja donatur yang menyumbangkan makanan yang diberikan untuk para tenaga medis di BRSU Tabanan. Ada pula yang menyumbangkan bilik sterilisasi.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news