Jumat, 29 May 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

PDIP Bali Bentuk Tim Gotong Royong, Cegah Korona

02 April 2020, 20: 20: 01 WIB | editor : Nyoman Suarna

PDIP Bali Bentuk Tim Gotong Royong, Cegah Korona

TELECONFERENCE: Sekretaris DPD PDIP Bali IGN Jaya Negara (tengah) bersama dua pengurus lainnya melakukan teleconference dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Rabu (1/4), terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19. (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Jajaran Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP Bali membentuk Tim Gotong Royong untuk ikut membantu penanggulangan wabah korona (Covid-19). Tim ini dibentuk dalam rapat yang digelar pengurus DPD, Kamis (2/4). 

Tim ini nantinya akan menjalankan beberapa rencana aksi seperti diinstruksikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, saat melakukan teleconference ke jajaran seluruh jajaran DPD se-Indonesia belum lama ini.

Sekretaris DPD PDIP Bali Bidang Internal Tjokorda Gede Agung, mengungkapkan, sebelum adanya instruksi dari ketua umum, rencana aksi itu sudah dilaksanakan. Baik di tingkat pengurus DPD maupun DPC di seluruh kabupaten di Bali. “Namun dalam teleconference pada Rabu (1/4), Bu Ketua Umum memberikan penekanan agar jajaran pengurus, kader di legislatif, dan eksekutif gotong royong. Sehingga geraknya lebih cepat dan tanggap di bawah,” ujarnya.

Fokus tugas tim ini, sambung dia, adalah membantu masyarakat agar bisa memperoleh beberapa pelindung diri yang sekarang ini sulit didapatkan di pasaran. Seperti masker dan hand sanitizer. “Apa yang diperlukan masyarakat untuk melindungi diri mereka. Itu intinya. Masker sudah diproduksi dengan mengerahkan para pekerja garmen dengan tetap mengikuti arahan pemerintah. Sedangkan hand sanitizer juga sudah diproduksi. Kendalanya masih di botol. Kami sudah pesan mudah-mudahan cepat datang,” sambungnya.

Senada dengan itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali Dewa Made Mahayadnya menyebutkan, ada banyak tugas yang nanti akan dilakukan Tim Gotong Royong yang baru dibentuk kemarin. Tim ini akan digerakkan Fraksi PDIP DPRD Bali. Tugasnya, semua kader diminta gencar mengkampanyekan KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) terkait Covid-19 dan pencegahannya.

“Begitu juga soal arahan untuk melakukan physical distancing, PHBS, menjaga asupan gizi untuk menunjang imunitas. Kemudian, kader diminta untuk selalu berusaha membantu masyarakat dengan tetap mengikuti arahan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus ini,” tegasnya.

Tugas ini, sambung dia, sebetulnya sudah berjalan sebelum ada instruksi dari Ketua Umum. Karena beberapa DPC sudah bergerak sejak ancaman wabah ini meningkat di Bali. “Sebetulnya sudah gerak. Ada di Jembrana, Tabanan, terakhir di Klungkung, lalu Buleleng,” sebutnya.

Dalam melaksanakan tugas itu, nantinya tim membagi diri ke dalam beberapa tugas. Ada yang berkonsentrasi memberikan KIE. Kemudian bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang berkompeten terkait produksi desinfektan, hand sanitizer, dan masker. Seperti BPOM atau universitas. 

“Kemudian pengadaan masker. Untuk masker tahap pertama ditargetkan sepuluh ribu lembar. Kemudian kami berencana gandeng UNHI untuk membuat obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. UNHI melalui Usadha Bali-nya. Terakhir, kalau kondisi saat ini masih berkepanjangan, arahnya pembagian sembako ke masyarakat terdampak. Intinya semua kader gotong royong,” pungkasnya.

(bx/hai/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news