Sabtu, 30 May 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Bule Wanita yang Sembunyi di Parit Dirujuk ke RSJ Bangli

06 April 2020, 21: 40: 58 WIB | editor : Nyoman Suarna

Bule Wanita yang Sembunyi di Parit Dirujuk ke RSJ Bangli

EVAKUASI : Petugas medis RSUD Karangasem saat mengevakuasi bule wanita yang sembunyi di parit belakang SMPN 1 Amlapura, Minggu (5/4) sore. (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Keberadaan warga negara asing (WNA) berjenis kelamin perempuan yang sempat sembunyi di parit belakang SMP Negeri 1 Amlapura, Karangasem, Minggu (5/4) sore, belum diketahui jelas. Namun informasi terakhir, bule tersebut kabarnya dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi (RSJP) Bali di Bangli usai mendapat penanganan di RSUD Karangasem.

Direktur RSUD Karangasem I Wayan Suardana mengatakan, bule perempuan itu memang sudah dirujuk ke RSJ Bangli, Minggu (5/4) malam. Meski begitu, Suardana tidak menjelaskan secara gamblang penanganan yang sempat dilakukan di rumah sakit pelat merah Karangasem itu.

"Ya memang benar diajak ke sini (RS Karangasem). Masalah diagnose, saya tidak boleh sebut. Yang jelas, setelah dapat penanganan medis di sini, kami rujuk ke RSJ Bangli," kata Suardana, Senin (6/4) sore. Namun ketika media ini mulai melontarkan pertanyaan, Suardana menutup telpon. Ketika dihubungi lagi, nomornya tidak bisa dihubungi.

Begitu pula Humas RSUD Karangasem, ketika dihubungi, tak kunjung merespons. Sementara itu, Direktur RSJP Bali di Bangli I Dewa Gede Basudewa belum bisa memastikan apakah benar WNA yang identitasnya belum diketahui itu telah dirawat di Bangli. 

"Kalau pasien asing ada beberapa. Apakah benar dari Karangasem, itu kami belum tahu. Kami memang ada merawat pasien asing, belum tahu detail pasti informasinya. Coba kami cek," ketus Basudewa.

Kapolsek Kota Karangasem Kompol Ketut Suartika membenarkan kejadian itu. Pihaknya belum mengetahui identitas lengkap si bule hingga kini, lantaran petugas medis sulit mengajaknya komunikasi. "Sesekali dilontarkan pertanyaan, bule itu bungkam. Tidak mau bicara. Informasi sudah dirujuk ke RSJ. Kami tak monitor lagi," tegasnya semalam.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Jalan Ngurah Rai, Kota Amlapura geger gara-gara ulah seorang bule sembunyi di sawah dekat parit, di belakang SMP Negeri 1 Amlapura, Minggu (5/4). Menurut informasi di lapangan, beberapa orang melihat bule itu jalan kaki dari Jasri, Karangasem lalu berlarian.

Warga waswas dengan keberadaan bule tersebut lalu menghubungi polisi. Empat personel Polsek Kota Karangasem tiba di lokasi. Lantaran tengah merebaknya Covid-19, polisi tak mau gegabah menangani bule tersebut dan memilih menunggu petugas medis. 

Tak berselang lama, ambulans RSUD Karangasem tiba di lokasi. Petugas turun dengan alat pelindung diri (APD). Menariknya, petugas mau tidak mau harus masuk ke gang sempit untuk mengevakuasi si bule dari parit. Beberapa kali dirayu, bule wanita itu berhasil dievakuasi ke RSUD Karangasem, sebelum akhirnya dibawa ke Bangli malam itu.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news