Rabu, 03 Jun 2020
baliexpress
Home > Enjoy Bali
icon featured
Enjoy Bali

Warung Kemulan, Tempat Penyuka Jamu dan Tipat Cantok

30 April 2020, 10: 17: 05 WIB | editor : Nyoman Suarna

Warung Kemulan, Tempat Penyuka Jamu dan Tipat Cantok

SEHAT : Warung Kemulan sediakan minuman tradisional penopang kesehatan tubuh. (ISTIMEWA)

Share this      

Minuman tradisional jamu kini makin menarik. Selain mudah didapat, kemasannya juga dibuat menarik, seperti di  Warung Kemulan.

WARUNG di kawasan  Jalan Gatot Subroto Tengah Denpasar ini menjual berbagai jamu, minuman kesehatan dan makanan. Suguhan ini bisa didapatkan kapan saja di tempat yang diberinama Warung Kemulan ini. Pemilik Warung Kemulan, Ketut Suryadi Putra, mengatakan, penyuka jamu bisa datang kapan saja. "Jamu memang menjadi menu andalan kami, sehingga  tersedia sepanjang hari," jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), Rabu (29/4)
Varian jamu yang disajikan di Warung Kemulan  sangat beragam, mulai dari jamu kunyit, kunyit asam, hingga beberapa jenis minuman kesehatan lainnya, seperti minuman prebiotik, mulbery wine, dan jamu rempah.
Jamu kunyit menjadi salah satu produk yang paling laris.
Diakui Suryadi, manfaat dari jamu kunyit sudah diketahui masyarakat. Selain untuk meningkatkan imun tubuh, lanjutnya, kunyit juga berfungsi sebagai obat maag.
Karena itu, jenis jamu ini sangat diminati masyarakat, khususnya kaum wanita karena kunyit juga dipercaya mampu memelihara kecantikan kulit. "Supaya rasa kunyit tidak getir dan enak dkonsumsi langsung pelanggan,  jamu kunyit kami tambahkan perasa seperti madu dan jeruk nipis," paparnya.
Selain jamu kunyit, ada juga jamu temulawak dan jahe yang berfungsi untuk menghilangkan gejala flu dan batuk. Ada juga jamu rempah yang terbuat dari campuran kelapa bakar dan rempah-rempah, seperti cengkeh, pala, dan jahe.
Jamu rempah sangat diminati karena bisa digunakan untuk mengurangi batuk dan meredakan gejala demam dan flu. Apalagi pada masa perubahan cuaca seperti saat, lanjutnya, asupan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat diperlukan.
Yang menarik, Warung Kemulan juga menyediakan minuman prebiotik yang berfungsi untuk memelihara sistem pencernaan. Jenis minuman ini diminati karena bisa membantu untuk menurunkan berat badan, sehingga menjadi minuman favorit bagi pelanggan yang menjalani program diet.
Ada juga mulbery wine yang dibuat dari hasil fermentasi buah mulbery. "Minuman ini sama dengan wine pada umumnya dan mengandung alkohol. Kami sudah memiliki izin untuk menjual minuman ini," paparnya.
Tak hanya urusan jamu, Warung Kemulan juga menjadi salah satu warung makan yang menyediakan menu masakan Bali. Menu masakan Bali yang disediakan cukup beragam, mulai dari nasi campur Bali hingga tipat cantok.
"Sayuran memang kami tidak sajikan sama, karena kami ingin menyajikan sayuran yang sesuai dengan kondisi musim dan ketersediannya di pasar tradisional," tambahnya.
Dalam satu porsi nasi campur disajikan dengan beragam lauk , seperti sate ayam, telur, ayam sisit, semir ayam, sayur urab kacang panjang, dan tak lupa kuah sayur nangka. Sayur urap inilah yang dikatakan Suryadi bisa berubah tergantung pada pasokan yang diterimanya dari petani.
Tipat cantok yang disajikanpun memiliki rasa yang unik, karena  didominasi dengan rasa bawang putih dan kecur. "Sengaja kami tonjolkan rasa tipat cantok khas Bali, yakni rasa kesuna cekuh yang kuat," paparnya.
Menu makanan dan minuman di Warung Kemulan dibanderol dengan harga mulai Rp 10 ribu  hingga Rp 100 ribu, khusus untuk minuman prebiotiknya.

(bx/gek/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news