Rabu, 03 Jun 2020
baliexpress
Home > Bali Under The Moon
icon featured
Bali Under The Moon

Nyanyian dari Rumah Bersatu Lawan Virus Korona

30 April 2020, 20: 05: 22 WIB | editor : Chairul Amri Simabur

Nyanyian dari Rumah Bersatu Lawan Virus Korona

KEROYOKAN : Sejumlah musisi Bali nyanyi keroyokan lagu 'Nyanyian dari Rumah' dan 'The Way We Fight' yang menyerukan untuk bersama memutus pandemi virus Korona. (ISTIMEWA)

Share this      

Berbagai dampak sosial ekonomi melanda hampir semua kalangan, lantaran pandemi Covid-19. Musisipun tak lagi berada di atas panggung. Namun, dari luar panggung nyatakan perang putus penyebaran virus Korona

MUSISI, produser yang juga owner Studio Recording Pregina, I Gusti Agung Bagus Mantra, mengatakan, untuk dapat bertahan dan selalu bangkit berkarya sekaligus mengisi waktu, sementara semuanya di rumah saja.

"Bagi kami, mematuhi imbauan untuk diam di rumah sekaligus hasilkan karya komposisi adalah salah satu  cara membantu memotong rantai peredaran virus Korona atau Covid-19 ini," papar owner Pregina Art and Showbiz in kepada Bali Express ( Jawa Pos Group ) di Sanur, kemarin.

Dikatakan pria yang akrab disapa Gus Mantra ini, ada dua karya yang diciptakan yang digarap bersama sama dengan berjarak. "Secara kualitas audio memang kurang maksimal, namun esensinya adalah tetap berkarya dan semoga bermanfaat," terang tokoh muda pariwisata Bali Barat yang juga Ketua Yayasan Karang Lestari Pemuteran, Buleleng ini.

Dua karya yang diciptakan Gus Mantra adalah lagu 'Nyanyian dari Rumah' dan 'The Way We Fight'.

"Lagu Nyanyian dari Rumah sebenarnya saya buat bersama anak saya Agung Aya, yang juga harus belajar dari rumah untuk mengisi waktunya. Setelah saya coba garap rekam,  ada ide untuk bisa berkolaborasi dengan beberapa seniman yang mersepon karya setelah diupload di media sosial," papar Gus Mantra di Sanur, Kamis (30/4) kemarin.

Ada Beni Crazy Horse, juga Gusagung The Voice, dan akhirnya musisi Dewa Budjana  ikut serta.

Setelah karya 'Nyanyian dari Rumah' rampung dan diupload di Facebook dan Instagram, Gus Mantra mengajak rekan rekan musisi Reggae main 'keroyok' lagu lainnya.

"Saya coba buatkan lagu berjudul 'The Way We Fight'. Mereka kami ajak berkarya dengan berjarak juga, seperti Sandi Lazuardi, Joni Agung, Gusndut Small Axe, Bobi Dinar, Gus Rajes, dan Om Beni Crazy Horse," papar pria yang menggagas sejumlah festival berskala internasional di Bali ini. Di lagu Reggae 'The Way We Fight', lanjutnya,  juga melibatkan Dek Alit dan Turah Mayun.

"Saya menerima file dari Whatsapp yang audio visualnya direkam dengan handphone. Selanjutnya saya konversi file untuk masuk ke time line audio dan visual, dan mixed down sebisa mungkin. Yang penting bisa optimal walaupun belum maksimal, dan telah kami share juga ke media sosial, " terang Gus Mantra.

Dikatakannya, esensi dari karya di rumah tersebut adalah bagaimana insan musik optimal berkarya mengisi waktu dan tidak kehilangan spirit berkreasi. Selain itu, bisa melakukan refleksi karya  dan evaluasi apa saja yang sudah dikerjakan, yang tentunya akan banyak terjadi perubahan  dalam industri musik maupun showbiz Di masa pandemi virus Korona ini.

"Kedepannya tentu kita tetap akan berkarya dan juga mempersembahkan pertunjukan dengan skema berjarak livestreaming. Memang secara penghasilan sangat sangat berkurang," beber pria penggemar  motor besar ini.

Namun biasanya, lanjut Gus Mantra,  etos positif akan direspon positif oleh alam, semua akan menyesuaikan, dan pada waktunya akan indah. "Kita perlu sabar diam sejenak dan membantu memutus mata rantai virus Korona,  karena wabah ini tanggung jawab kita bersama, tanpa menyalahkan siapa siapa," harapnya.

Ditambahkan penyanyi Bobi Dinar, lagu 'The Way We Fight' yang diciptakan Gus Mantra sudah jadi.

"Saya kirimkan lirik dan musik dengan guiding vocal dan tanpa guiding vocal. Saya diminta isi part lagu yang berbahasa Inggris. Selanjutnya langsung rekam video di rumah Siulan, " ujar vokalis Group Bali Blues Brothers ini.

Dikatakan Bobi Dinar, semuanya ditangani dengan santai, tidak ada kesulitan." Bersama kita melawan Korona dengan jaga kesehatan dan diam di rumah, bekerja dari rumah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid 19," pungkasnya. 

(bx/rin/hai/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news