Sabtu, 06 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Karantina di Desa Abuan Tak Diperpanjang

13 Mei 2020, 20: 37: 49 WIB | editor : Nyoman Suarna

Karantina di Desa Abuan Tak Diperpanjang

RAPID TEST : Pelaksanaan rapid test di Banjar Serokadan. (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESS- Kamis (14/5) merupakan hari terakhir Desa Abuan, Kecamatan Susut, Bangli menjalani karantina wilayah. Setelah 14 hari karantina, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli memutuskan tidak memperpanjangnya. “Cukup 14 hari saja,” tegas Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli I Wayan Dirgayusa, Rabu (13/5).

Dikatakannya, karantina wilayah tidak diperpanjang karena dianggap sudah aman. Situasi sudah normal. Transmisi lokal yang sempat tinggi di Banjar Serokadan, Desa Abuan sudah bisa dikendalikan. Hanya saja, kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kabupaten Bangli ini belum bisa memastikan apakah 6.849 jiwa warga Abuan bisa beraktivitas normal setelah 14 dibatasi.

Menurut pejabat asal Desa Demulih, Kecamatan Susut ini, Gugus Tugas baru akan rapat, Kamis (14/5). Rapat dalam rangka evaluasi pelaksanaan karantina dan membahas langka selanjutnya. “Yang jelas dari Gugus Tugas tidak ada arah memperpanjang karantina,” tegasnya lagi.

Sekadar diketahui, Gugus Tugas Kabupaten Bangli memutuskan karantina wilayah Desa Abuan. Langkah itu diambil karena warga positif Covid-19 termasuk tinggi, dan terjadi transmisi lokal. Secara akumulasi 26 warga Desa Abuan positif terpapar Covid-19. Dari jumlah itu, tinggal tiga orang masih menjalani perawatan, sisanya sudah sembuh.

Selama karantina, Banjar Serokadan termasuk paling ketat ketimbang Banjar Abuan dan Sala. Sebab transmisi lokal tertinggi di sana. Kodim 1626/Bangli mendirikan dapur umum. Prajurit Kodim secara khusus memasak untuk warga Serokadan selama karantina. Ribuan warga dibawakan nasi bungkus ke rumahnya masing-masing sebagai antisipasi mereka keluar dengan alasan urusan makan. Sedangkan warga Banjar Abuan dan Sala diberikan bantuan sembako.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news