Rabu, 03 Jun 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Antisipasi Tindak Kejahatan, Lingkungan Sari Indah Pasang CCTV

21 Mei 2020, 18: 20: 55 WIB | editor : Nyoman Suarna

Antisipasi Tindak Kejahatan, Lingkungan Sari Indah Pasang CCTV

SPANDUK : Cegah kejahatan di Lingkungan Sari Indah, Denpasar, warga memasang spanduk. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS ­– Mengntisipasi adanya aksi kejahatan di Lingkungan Gang Sari Indah, Jalan Nangka Utara, Tonja-Denpasar Utara, warga secara swadaya memasang CCTV di beberapa titik. Pemasangan CCTV itu pun sebenarnya dilakukan sejak lama dengan tujuan untuk mengawasi warga yang membuang sampah sembarangan. Karena belakangan sering terjadi hal yang mencurigakan, warga pun berinisiatif meningkatkan pengawasan di sekitar lingkungan dengan menambah beberapa CCTV.

Salah satu warga, Dedo (40) menjelaskan, pemasangan CCTV ini dilakukan untuk memudahkan warga melakukan pengawasan bagi orang asing yang memasuki lingkungan Gang Sari Indah. “Karena CCTV banyak membantu, maka akan dilakukan penambahan CCTV di beberapa titik,” ungkapnya.

Dedo pun menegaskan, selain untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing atau orang yang tidak dikenal, pemasangan CCTV ini juga sebagai wujud antisipasi warga untuk meningkatkan kewaspaspadaan terhadap hal-hal yang mencurigakan. “Selain itu juga untuk mengantisipasai kejadian penutup atau sarung mobil warga yang sering hilang saat berada di tempat penyewaan garase di lingkungan Sari Indah,” tambahnya.

Selain memasang CCTV, Kamis (21/5) pagi, juga tampak spanduk imbuan di gang tersebut. Spanduk tersebut mengimbau kepada pedagang keliling, pemulung, serta orang yang tidak dikenal untuk tidak memasuki kawasan lingkungan Gang Sari Indah. Spanduk itu pun sudah terpasang sejak seminggu lalu. Selain untuk memutus rantai penularan Covid-19, hal ini juga dilakukan untuk menekan angka kriminalitas. “Awalnya spanduk itu dibuat karena ada beberapa orang yang mencurigakan berada di depan rumah warga.  Hal tersebut membuat masyarakat sekitar merasa khawatir," ungkap Dedo.

Pemasangan spanduk imbauan ini sudah disepakati oleh masyarakat sekitar dan dana spanduk ini didapatkan dari swadaya warga setempat. “Kami mengimbau masyarakat pada masa pandemi Covid-19 ini agar ikut mengantisipasi. Kita kan tidak tahu mungkin ada pedagang yang baru saja melayani orang yang terinfeksi Covid-19," tambahnya.

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news