Rabu, 03 Jun 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Air PDAM Bangli Gratis Tiga Bulan untuk Kalangan Tertentu

22 Mei 2020, 11: 19: 00 WIB | editor : I Putu Suyatra

Air PDAM Bangli Gratis Tiga Bulan untuk Kalangan Tertentu

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESS- PDAM Bangli akan menggratiskan biaya tagihan air selama tiga bulan. Yaitu pemakaian Mei, Juni dan Juli. Kepastian itu setelah Pemkab Bangli memastikan memberikan dana subsidi kepada PDAM sekitar Rp 1,4 miliar.

Bupati Bangli I Made Gianyar, Kamis (21/5) mengungkapkan, angin segar tersebut sebagai upaya pemerintah meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Hanya saja, Gianyar menegaskan bahwa tidak semua pelanggan dapat menikmati kebijakan tersebut. Kebijakannya khusus untuk pelanggan rumah tangga non-PNS.

Pemerintah tidak bisa menggratiskan semua pelanggan karena keterbatasan kemampuan keuangan daerah. Sama halnya dengan masyarakat, Covid-19 membuat pendapatan Pemkab Bangli juga turun. Di sisi lain, untuk menggratiskan itu, pemerintah tidak bisa berharap banyak dari PDAM karena pendapatannya masih terbatas. “Semua sih terdampak. Tapi kemampuan keuangan sangat terbatas. Intinya yang betul-betul sulit,” ujar bupati asal Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani itu. Pendataan pelanggan yang berhak mendapat subsidi ditentukan PDAM.

Selain tidak semua pelanggan menikmati subsidi air dari pemerintah, mereka yang nantinya masuk daftar menikmati pemakaian air gratis juga tidak sepenuhnya gratis. Gratis hanya untuk pemakaian di bawah 10 meter kubik. Lebih dari itu tetap bayar. Demikian juga dengan biaya administrasi tetap dihitung.

Seperti diketahui, jumlah pelanggan rumah tangga PDAM Bangli sekitar 93 persen dari total 19 ribu pelanggan. Terkait rencana menggratiskan pemakaian air, pihak PDAM masih melakukan pendataan, pelanggan mana layak mendapatkan subsdi. Sehingga rencana itu belum disosialisasikan kepada pelanggannya.  “Kami gratiskan 10 meter kubik dari golongan rumah tangga yang tidak punya penghasilan tetap,” ujar Direktur PDAM Bangli I Dewa Gede Ratno Suparso Mesi secara terpisah. 

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news